Pengusaha Kecewa Berat Gubernur Naikan UMP 2021

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 02 November 2020 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 320 2302774 pengusaha-kecewa-berat-gubernur-naikan-ump-2021-y1dKDy31zi.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengungkapkan kekecewaannya terhadap sejumlah Gubernur yang tidak mematuhi Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan tentang upah minimum provinsi (UMP). Karena seharusnya SE ini menjadi acuan agar UMP di tengah pandemi.

Berdasarkan data analisis dampak covid-19, terhadap pelaku usaha yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) hampir seluruh sektor mengalami penurunan pendapatan dan kesulitan terkait pembayaran upah.

 Baca juga: Kecewa Gubernur yang Naikan UMP 2021, Apindo Singgung PHK Besar-besaran

Adapun rinciannya, sekitar 53,17% berasal dari Usaha Menengah dan Besar, serta 62,21% berasal Usaha Mikro dan Kecil menghadapi kendala keuangan terkait pegawai dan operasional.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, tidak patuhnya kepala daerah ini mempersulit dunia usaha. Mengingat pada ujungnya akan menyebabkan gelombang PHK besar-besaran dalam kondisi krisis.

 Baca juga: 5 Provinsi Tetapkan Kenaikan UMP 2021

“Kami menyayangkan karena para Gubernur ini tidak melihat kondisi yang ada. Tapi kami tidak akan melakukan gugatan,” ujar Hariyadi dalam konferensi pers di Kantor Apindo, Senin (2/11/2020).

Hariyadi menambahkan, sebenarnya para pengusaha pun pada dasarnya sulit menerima SE tersebut. Karena seharusnya UMP turun mengingat kondisi perekonomian Indonesia sehingga kelangsungan bekerja dapat terjaga.

“Keputusan tersebut kurang memperhatikan dari esensi kondisi yang ada. Kalau terus-terusan begini kan harus lihat supplay dan demand,” ucapnya.

Sebagai informasi, para pimpinan daerah merespons SE Menaker tentang UMP dengan penolakan. Beberapa daerah yang dimaksud seperti, Gubernur Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, DKI hingga Sulawesi Selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini