Hobi Lidah Mertua yang Bikin Kantong Tebal

Hana Purwadi, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 455 2304079 hobi-lidah-mertua-yang-bikin-kantong-tebal-nL9T9CoWwb.jpg Tanaman Lidah Mertua (Foto: Greenkosh)

PROBOLINGGO - Di masa pandemi covid-19 penghobi tanaman tin dan lidah mertua menuai berkah. Dalam sehari mereka bisa meraup keuntungan Rp500 hingga Rp750 ribu.

Buah tin diburu karena banyak warga yang mencari minuman imun yang terbuat dari buah tin. Sementara tanaman lidah mertua dipelihara untuk mensterilkan ruangan.

Roni Cris (54 tahun) adalah salah satu warga Probolinggo yang mendapat berkah di masa pendemi covid-19. Hobi mengkoleksi tanaman lidah mertua yang ditekuninya sejak tahun 2004 ini kini memberikan keuntugan tersendiri.

Baca Juga: Intip Bisnis Puding Sehat yang Laris Dijual saat Pandemi

Roni menjeskan, setiap hari selalu ada warga yang membeli teh daun tin dan bunga lidah mertua koleksinya.

Dengan menanfaatkan lahan sempit di depan rumahnya, tersedia aneka jenis bunga lidah mertua dari jenis hahnii hingga trifasciata.

Untuk bunga lidah mertua dijualnya harga Rp100 ribu per pot kecil sedangkan teh buah tin dijual dengan harga Rp50 ribu rupiah pertoplesnya.

Dalam sehari, Roni mengaku sekitar 10 hingga 20 bunga dan teh daun tin ini laku dipasaran.

"Di massa pendemi jusrtu berkah banyak warga mencari tanaman ini," kata dia, Rabu (4/11/2020).

Tanaman lidah mertua memiliki fungsi unik. Tanaman ini bisa mensterilkan ruangan dan biasanya ditaruh di dalam rumah.

Karakter bunga lidah mertua yang mudah hidup tanpa perawatan khusus dan bermanfaat sehingga banyak warga yang membelinya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini