Jualan di E-Commerce, Hindari Ini agar Rating Toko Tak Turun

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 455 2304265 jualan-di-e-commerce-hindari-ini-agar-rating-toko-tak-turun-QP4TJ8mbAj.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menjual barang lewat toko online memang salah satu opsi untuk bisa meraup keuntungan yang besar. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai rating dari toko.

Jika toko tersebut memiliki rating yang rendah, justru tidak akan dipercaya oleh konsumen. Lantas bagaimana menjaga agar tidak mendapatkan rating toko yang rendah?

Head of Agency Tokopedia Garth Parlimbangan mengatakan, untuk menghindari agar toko diberikan rating rendah adalah dengan cara menghindari pelanggaran-pelanggaran. Biasanya jenis pelanggaran tersebut sudah tercantum dalam syarat dan ketentuan ketika mendaftarkan toko onlinenya.

Baca Juga: Intip Bisnis Puding Sehat yang Laris Dijual saat Pandemi

"Menghindari pelanggaran-pelanggaran. Karena sebetulnya sudah banyak yang diatur di syarat dan ketentuan di Tokopedia," ujarnya dalam acara Webinar Series MNC Fest, Rabu (4/11/2020).

Salah satu contoh yang bisa membuat rating toko rendah adalah menghindari pembatalan yang dilakukan konsumen. Oleh karena nya, para pemilik toko harus aktif dalam berinteraksi dengan calon pembeli.

"Cuma beberapa mungkin seperti pembatalan pemesanan. Jadi pada saat kita sudah menerima pesanannya kita batalkan ini yang akan membuat toko tersebut jadi turun," jelasnya.

Hal lain yang bisa membuat rating toko turun adalah yang berkaitan dengan resi pembelian. Menurut Garth, ada beberapa toko yang bandel karena melampirkan resi pembelian dari transaksi sebelumnya.

Padahal, para pemilik toko seharusnya rajin untuk memberikan resi pembelian sesuai dengan transaksi saat itu juga. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan konsumen agar mudah untuk melacak produknya.

"Terus kedua yang juga kita selalu komunikasikan pada toko kita adalah menggunakan resi pengiriman yang ril. Karena mungkin toko agak males kali ya untuk percaya mesti foto lagi yang ada dipakai resi pengiriman dari sebelumnya dan ini akan membuat skor toko tersebut menurun," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini