Wapres Sebut Ekonomi dan Keuangan Syariah Bisa Berantas Kemiskinan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 320 2305152 wapres-sebut-ekonomi-dan-keuangan-syariah-bisa-berantas-kemiskinan-YNeatJY6fQ.jpg Wapres (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, pemerintah akan terus aktif dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Karena menurutnya, keuangan dan ekonomi syariah memiliki potensi dalam mendukung pencapaian tujuan nasional.

Menurut Ma’ruf, ekonomi dan keuangan syariah yang berkembang dengan baik akan membantu pemerintah memecahkan berbagai permasalahan ekonomi dan sosial. Salah satunya adalah masalah kemiskinan dan ketimpangan apalagi di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini.

“Hal ini penting karena masalah kemiskinan dan ketimpangan masih merupakan masalah utama yang perlu kita hadapi saat ini, terlebih dengan terjadinya pandemi Covid-19,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (6/11/2020).

Baca Juga: Ini 10 Orang Terkaya di China Era Covid-19

Apalagi lanjut Ma’ruf, sebagian besar masyarakat miskin adalah berasal dari kalangan umat. Diharapkan pengembamgan ekonomi syariah bisa membantu ekonomi umat.

“Saya berpandangan bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dapat meningkatkan keterlibatan umat dalam kegiatan ekonomi, sehingga dapat mendorong umat untuk keluar dari jeratan kemiskinan melalui kekuatannya sendiri,” katanya.

 

Dengan demikian, semakin banyak keterlibatan umat dalam kegiatan ekonomi produktif, maka semakin besar peluang untuk meningkatkan kesejahteraannya, terutama untuk kelompok lapisan masyarakat terbawah.

“Sebagai contoh, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sebagian besar dikelola oleh umat dapat terangkat bila keterlibatan dalam kegiatan ekonomi semakin besar. Hal ini penting mengingat jumlah UMKM merupakan 98% dari jumlah unit usaha di Indonesia, serta berkontribusi sangat besar dalam menyediakan lapangan kerja,” jelasnya.

Untuk itu kata Wapres, dengan strategi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang juga berfokus pada kelompok masyarakat miskin serta pelaku UMKM, pada akhirnya menjadi gerakan pemberdayaan masyarakat.

“Hal ini merupakan langkah efektif untuk mengurangi kemiskinan dan mengurangi lebarnya kesenjangan ekonomi di negara kita,” ucap Ma’ruf.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini