Share

Kemenangan Joe Biden Bakal Kuatkan Rupiah

Kunthi Fahmar Shandy, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 320 2306082 kemenangan-joe-biden-bakal-kuatkan-rupiah-KgImM6R0Gk.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Kemenangan Biden membawa potensi perang dagang antara China dan Amerika Serikat tidak menjadi lebih buruk. Ada harapan perang dagang AS dengan China, Eropa dan Meksiko akan berhenti. Ini cenderung membuat risiko pasar turun dan menurunkan votalitas pasar.

"Hal ini cenderung membuat mata uang dunia menguat terhadap USD termasuk Yuan, Euro, dan lainnya," kata Pengamat ekonomi Hans Kwee di jakarta minggu.

 Baca juga: Indonesia Resesi, Rupiah Justru Menguat Tajam

Rupiah juga tidak tertinggal dan dalam beberapa hari mengalami penguatan signifikan. "Ini juga mendorong dana masuk ke aset berisiko di emerging market," sebut Hans.

Menurut dia harapan stimulus fiskal AS yang besar nampaknya sedikit berkurang menyusul potensi gagalnya gelombang biru Demokrat. Partai Republik diperkirakan masih akan mengontrol Senat dan partai Demokrat di DPR AS.

 Baca juga: Rupiah Menguat Tajam, Nyaris Naik 1%

"Hal ini berpotensi menyulitkan Biden dan Demokrat meloloskan kebijkan stimulus fiskal dalam jumlah besar," beber dia.

Selain itu, tertundanya kebijakan fiskal sangat mungkin mendorong Federal Reserve mengeluarkan kebijkan moneter yang lebih akomodatif.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini