Terungkap, Nasabah di Bank-Bank Kecil Pindah ke Papan Atas Selama Pandemi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 320 2309094 terungkap-nasabah-di-bank-bank-kecil-pindah-ke-papan-atas-selama-pandemi-op1HKln68C.jpg Perbankan (Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat orang yang menabung di bank makin banyak. Hal ini terlihat dari data yang dikumpulkan pada Mei-September 2020 terjadi pertumbuhan simpanan atau Dana Pihak Ketiga (DPK) di perbankan berada pada tren positif.

Ketua LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan dengan data itu memastikan sistem keuangan Indonesia telah membaik.

 Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Bank Asal Jepang Jual Data Nasabah

"Berdasarkan data yang kami miliki, pertumbuhan simpanan nasabah pada seluruh bank telah menunjukkan tren yang positif. Dari Maret-Juli 2020, bank BUKU I DPK (Dana Pihak Ketiga) mengalami pertumbuhan negatif dibanding dengan Desember 2019. Artinya nasabah yang tadinya menyimpan uang di bank BUKU I berpindah ke bank-bank besar," ujar Purbaya dalam video yang diunggah DPR, Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Sementara itu, lanjut Purbaya, untuk pergerakan suku bunga simpanan baik Rupiah maupun valas, masih menunjukkan tren penurunan sejalan dengan arah suku bunga kebijakan moneter dan likuidutas perbankan.

 Baca juga: Terkontraksi, Perbankan Kesulitan Salurkan Kredit

Hasil pemantauan LPS terhadap suku bunga simpanan menunjukkan bahwa suku bunga masih dalam tren negatif kendati langkah pemangkasan suku bunga acuan yang dilakukan oleh BI telah berakhir sejak Juli 2020.

"Bahkan khusus untuk Rupiah, ruang penurunan suku bunga pasar cukup terbuka dibandingkan dengan suku bunga valuta asing," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini