BLT Gaji Termin II Cair, Jangan Lupa Menabung

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 622 2308929 blt-gaji-termin-ii-cair-jangan-lupa-menabung-vbHEJ5gugf.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia telah memengaruhi segala aspek kehidupan. Tidak hanya kesehatan dan ekonomi, tetapi juga perilaku masyarakat dalam berbelanja.

Demi meningkatkan daya beli masyarakat, Kementerian Ketenagakerjaan mulai mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) termin II, kemarin. Termin II merupakan penyaluran BLT untuk periode bulan November-Desember bagi para penerima BLT termin I. Namun, bagi penerima BLT tersebut jangan lupa menyisihkan uangnya untuk ditabung.

 Baca juga: Admin BPJS TK Sempat Sebut BLT Subsidi Gaji Ditunda, Menaker: Buktinya Cair Hari Ini

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, dengan mendapatkan bantuan ini, maka orang tersebut bisa menghemat uang bulanannya karena sudah di-backup oleh bantuan pemerintah. Uang tersebut juga nantinya bisa digunakan untuk menabung.

 

Dia mencontohkan, jika dalam sebulan biasanya menggunakan gajinya sebesar Rp600.000 untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makan, maka dengan adanya bantuan ini, uang tersebut bisa ditabung. Karena kebutuhan makan bisa digunakan dari uang bantuan yang diberikan pemerintah.

Selain itu, bila seseorang dalam sebulan mengalokasikan anggaran untuk makan adalah Rp1,5 juta. Maka dengan mendapatkan bantuan ini, penghasilan yang terpakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hanya Rp900.000 saja.

"Berarti yang harus kita pikirkan oh berarti mungkin kita bisa saving 600.000 itu," ujarnya saat dihubungi Okezone, beberapa waktu lalu.

Dia menyarankan agar bantuan tersebut digunakan untuk kebutuhan yang sangat penting. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli bahan pokok atau makanan-makanan sehat.

Atau bisa juga digunakan untuk membeli barang atau alat pelindung diri dan menjaga imunitas. Seperti digunakan untuk membeli masker, face shield, atau vitamin untuk menjaga imunitas tubuh.

"Karena orientasinya namanya bantuan untuk backup kebutuhan sehari-hari," kata Andi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini