Ingin Siapkan Anggaran Liburan Akhir Tahun, Begini Caranya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 16 November 2020 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 622 2310407 ingin-siapkan-anggaran-liburan-akhir-tahun-begini-caranya-jN0lDY2Kxg.jpg Tips Mengatur Keuangan untuk Liburan Akhir Tahun. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Liburan akhir tahun menjadi moment yang ditunggu-tunggu oleh setiap insan atau keluarga. Karena pada akhir tahun ini terdapat libur yang sangat panjang.

Untuk bisa memanfaatkan libur tersebut, tentu pundi-pundi uang harus segera dikumpulkan. Perlu dipersiapkan adalah bujet untuk liburan nanti apakah sudah mencukupi atau belum?

Baca Juga: Jangan Salah, Beli Barang Diskon 40% Ternyata Bisa Rugi Lho

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho mengimbau, bagi yang memiliki niat untuk liburan akhir tahun agar mempersiapkan bujet di awal Desember nanti. Sehingga, alokasi untuk pemenuhan kebutuhan pokok tetap ada anggarannya.

"Di awal bulan Desember sebaiknya buat bujeting untuk kebutuhan bulan Desember termasuk di dalamnya untuk liburan," kata Andy kepada Okezone, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Libur Panjang Akhir Tahun Terancam Ditiadakan jika Begini Kondisinya

Menurut dia, jatah anggaran yang dihabiskan untuk liburan adalah maksimal 10% dari penghasilan tetap bulanan.

"Sebaiknya dialokasikan sebesar 10% dari penghasilan. Jadi selama liburan tersebut, kita berpatokan bahwa uang yang bisa kita belanjakan adalah sebesar tersebut," ujarnya

Selain itu, agar lebih aman lagi, bujet untuk kebutuhan-kebutuhan penting bulan Januari segera sisihkan dari sebelum liburan.

"Kalau perlu pisahkan ke dalam rekening lain agar tidak terpakai bila ternyata kita khilaf belanja selama liburan," kata dia.

Pemerintah menetapkan cuti bersama Hari Raya Natal tanggal 24 Desember 2020. Lalu ada cuti bersama bersama Lebaran yang digeser ke bulan Desember menjadi 28,29,30, dan 31 Desember 2020. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini