Ramai Pembobolan Rekening, Ini Cara Aman Menabung di Bank

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 622 2311542 ramai-pembobolan-rekening-ini-cara-aman-menabung-di-bank-NNTlWfSj2K.jpg Cara Aman Menabung di Bank. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Belakangan masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kejadian pembobolan uang nasabah yang nilainya capai miliaran Rupiah. Contohnya kasus nasabah Maybank di Jakarta dan Bank Mega di Kota Malang.

Selama ini, anggapan masyarakat bahwa bank merupakan tempat penyimpanan yang aman untuk menabung.

Baca Juga: Begini Cara agar Hidup Bebas dari Utang

Lantas harus seperti apa saat ini. Dan bagaimana cara agar menyimpan uang atau berinvestasi di bank tak hilang?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho mengimbau, masyarakat yang menjadi nasabah bank manapun agar tak memberikan PIN ATM hingga password/MPIN/PIN/OTP, kepada siapapun termasuk keluarga dan kerabat dekat maupun petugas bank.

Baca Juga: Butuh Duit, Jual Aset atau Ngutang ke Pinjol?

"Jangan pernah membagikan PIN ATM/ user ID, password, PIN transaksi mobile sampai OTP banking/internet banking ke sembarang orang, meskipun mengaku dari pihak bank," kata Andy kepada Okezone, Rabu (18/11/2020). 

Selanjutnya, untuk pemilik rekeningtabungan, usahakan agar mengeprint buku tabungan atau cek saldo tabungan secara berkala, paling tidak sebulan sekali. Sehingga bila ada kejanggalan dapat segera diketahui dan dilaporkan baik ke pihak bank maupun kepolisian.

"Bila tidak memungkinkan untuk secara berkala datang ke bank untuk print buku tabungan, kita bisa memanfaatkan mobile banking/ internet banking untuk mengecek saldo dan transaksi-transaksi yang terjadi," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini