Menanti BLT Subsidi Gaji Cair, Netizen: Setiap Bangun Tidur Cek Mobile Banking

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 320 2312816 menanti-blt-subsidi-gaji-cair-netizen-setiap-bangun-tidur-cek-mobile-banking-fBj4BnVKEd.jpg Mobile Banking (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah mulai mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) gaji untuk pekerja dengan upah di bawah Rp5 juta sejak awal November lalu. Pencairan BLT sebesar Rp1,2 juta itu untuk membantu mereka yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Pada termin kedua ini anggaan yang telah disalurkan untuk subsidi gaji atau upah sebesar Rp9,65 triliun. Angka tersebut disalurkan kepada 8.042.847 pekerja atau buruh yang terbagi dalam tiga tahapan.

 Baca juga: Kisah Pilu Menanti BLT Masuk Rekening, Dapat SMS Eh Tahunya...

Adapun rincianya adalah 2.180.382 pekerja atau buruh untuk termin kedua tahap pertama, dan 2.7013.434 pekerja atau buruh untuk tahap atau batch kedua.

Sementara untuk tahap ketiga, ada 3.149.031 pekerja atau buruh yang mendapatkan bantuan subsidi gaji dengan anggaran mencapai Rp3,77 triliun.

 BLT

Meski dana yang telah digelontorkan dalam BLT gaji termin kedua itu sudah sebesar Rp9,65 triliun, tapi masih ada beberapa orang yang belum menerimanya. Hal itu diketahui dari cuitan sebagian netizen di Twitter, Jumat (20/11/2020).

 Baca juga: Pendaftaran BLT UMKM Masih Dibuka, Ayo Buruan demi Rp2,4 Juta

Akun Twitter @RiadiNursaputra mengaku mempunyai kebiasaan baru setiap harinya ketika tahu Kemnaker mulai mencairkan BLT gaji termin kedua. Dirinya menyebut setiap bangun pagi selalu mengecek M-banking di gawainya untuk memastikan kalau BLT sudah masuk atau belum.

"Hal rutin yg gw lakuin setiap bangun tidur. Buka m banking, mutasi rekening, cek blt cair apa belum, kalo belum lanjut tidur," tulis @RiadiNursaputra yang dikutip Okezone.

Kemudian, ada seorang netizen dari akun Twitter @Ekosugi84689516 yang mengeluhkan soal BLT gaji tak kunjung masuk rekening dirinya, padahal semua temannnya di kantor sudah menerimanya.

"Blt gelombang ke 2 ko blm cair,sdnkan teman sekantor sdh pada cair," tulis @Ekosugi84689516.

Lalu, ada juga nasabah Bank Permata dan Bank BCA yang menanyakan perihal BLT termin kedua cairnya kapan.

"@BPJSTKinfo bank permata kapan cair ya blt nya," tulis akun @nellawidy

"Mau tanya aja, mungkin ada yang sudah cair BLT KETENAGAKERJAAN untuk BCA?? #BLTBPJSKetenagakerjaan #bltbca," tulis @AjiBimaSamudra1.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, kepada para pekerja yang belum mendapatkan BLT subsidi gaji pada termin kedua mohon untuk bersabar. Karena menurutnya dana yang ditransfer oleh bank penyalur kepada peneriman cukup besar.

“Saya mohon agar para pekerja atau buruh bersabar karena jumlah dana yang harus ditransfer Bank Penyalur ke masing-masing rekening penerima cukup besar, baik yang rekening nya Bank Himbara maupun yang rekening nya Bank Swasta,” ujarnya melalui keterangan tertulis, kemarin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini