Kartu Prakerja Jadi Terobosan Birokrasi yang Transparan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 23 November 2020 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 320 2314788 kartu-prakerja-jadi-terobosan-birokrasi-yang-transparan-gk8z9M6d2k.jpg Kartu Prakerja (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus membuat perizinan usaha di Indonesia dipermudah. Salah satunya menyederhanakan birokasi izin yang dianggap masih terlalu lama melalui program Kartu Prakerja.

Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan saat ini negara dengan birokrasi yang cepat dapat memenangkan banyak hal. "Jadi mau jalan cepat atau jalan lama? Oleh karena itu bukan negara kuat dan lemah, atau negara besar dan kecil lagi. Sekarang ini negara yang cepat atau lambat, kalau negara cepat itu yang akan merebut sesuatu dan kita jangan ketinggalan dengan pelaku," ujar Moeldoko dalam video virtual, Senin (23/11/2020).

Baca juga: BPS Beberkan Temuan Menarik soal Kartu Prakerja, Apa Saja?

Kata dia, masyarakat Indonesia sangat banyak membuat izin birokasi memang masih lama. Untuk, itu Presiden Joko Widodo pun selalu mengingatkan kepada para menterinya untuk bisa membuat regulasi yang memberikan kepastian.

"Memang yang kita jalankan ini untuk birokasi cepat sudah banyak, tapi belum semua," bebernya.

Baca juga: Survei Membuktikan 84% Peserta Kartu Prakerja Mengaku Puas

Dia menambahkan fasilitas yang singkat seperti adanya Mal Pelayanan Pubik perlu diterapkan salah satu contoh efisiensi yang bisa dilakukan banyak kementerian dan lembaga. Salah satunya adanya kartu prakerja juga bisa contoh untuk layanan yang transparan.

"Kartu prakerja juga solusi untuk birokarasi cepat dan layanan yang transparan," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini