Ciri-Ciri Pinjol Ilegal, Pinjam Rp1 Juta Dikasih Rp600.000

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 23 November 2020 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 622 2314650 ciri-ciri-pinjol-ilegal-pinjam-rp1-juta-dikasih-rp600-000-4wvGjFi56d.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L Tobing mengatakan ada beberapa modus yang dilakukan oleh pelaku investasi dan fintech peer to peer (P2P) lending ilegal kepada masyarakat.

"Kita lihat untuk modus investasi ilegal ciri-ciri yang utama yakni menjadikan keuntungan yang tidak wajar dalam waktu cepat. Lalu mereka ada bonus dalam perekrutan anggota bukan karena penjualan barang," ujar dia dalam acara IDX Channel, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Waspada! Ini Modus Penawaran Investasi Bodong di Tengah Corona 

Kemudian, lanjut dia, para pelaku investasi ini menawarkan tanpa risiko. Seperti memberikan bunga tanpa risiko ini sangat membahayakan dan tidak ada legalitas, misalnya izin kegiatan dan hukum tidak ada.

"Modus ini yang mereka lakukan kepada masyarakat. Di mana mereka menjanjikan dengan cepat kepada masyarakat tanpa syarat padahal mereka tidak punya izin," ungkap dia.

 

Dia juga menjelaskan untuk fintech ilegal ini para pelaku menawarkan peminjaman sangat mudah. Akan tetapi syarat dari peminjaman itu tidak jelas. Seperti jangka waktu tidak jelas dan lain sebagainnya.

"Misalnya kita pinjam Rp1 juta tapi yang ditransfer cuma Rp600 ribu kemudian dijanjikan waktu pengembalian jangka satu bulan tapi malah hanya satu minggu," katanya.

Dia menambahkan, banyak juga investasi dan fintech ilegal melakukan duplikat entitas yang resmi berijin dari OJK. Maka itu Satgas Waspada Investasi mengimbau agar masyarakat harus cek daftar di website OJK.

"Kalau tidak terdaftar berati investasi dan fintech itu ilegal yang membahayakan," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini