Ternak Ikan Hias, Pianto Kantongi Rp20 Juta/Bulan

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 455 2315037 ternak-ikan-hias-pianto-kantongi-rp20-juta-bulan-Wqhi2adLuB.jpg Bisnis Ikan Hias. (Foto: Okezone.com/Petcentral)

JAKARTA – Pianto menjadi salah satu pebisnis ikan hias yang sukes saat ini. Dirinya menekuni usaha tersebut di Jalan Sungai Putat, Palembang.

Dia memulai bisnis ini pada 2018. Bermula dari hobi, kini Pianto meraup omzet hingga Rp20 juta per bulan dengan modal awal sebanyak Rp4-5 juta.

Baca Juga: Bisnis Anak Presiden Disuntik Dana Rp28 Miliar, Gibran: Ini Hadiah untuk Kaesang

Dirinya berhasil breeding 35 jenis ikan hias dengan beragam karakter, motif, bentuk, dan ukuran. Kemudian, sepasang ikan yang kawin dapat menghasilkan benih-benih yang nantinya akan dikembangbiakkan.

Pianto pun memberikan tips ketika menernak ikan hias. Menurutnya penggunaan air dengan PH netral, air tanah, atau air endapan adalah kunci utamanya.

Baca Juga: Bisnis Startup Kuliner Gibran Dapat Suntikan Modal Rp28 Miliar

"Dalam urusan pemberian makan, ikan hias cukup diberi makan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore. Makanan yang diberikan pun jangan monoton dan mesti variatif, seperti pellet, kutu air, cacing beku, dan plankton," ujarnya, Selasa (24/11/2020).

Untuk menjual ikan hiasnya, Pianto menggunakan media sosial, seperti Facebok dan Instagram. Selain itu, memiliki seller di sekitaran Palembang untuk penjualannya.

“Kalau untuk penjualan, kita, media sosial iya, baik itu facebook, instagram, terus juga dari temen-temen seller yang ada di Palembang. Temen-temen yang jual-jual mengambil di sini terus jual lagi di media sosial juga, banyak,” kata Pianto.

Namun, untuk jenis ikan hias yang berharga murah, ia mewajibkan melakukan minimal pembelian 100 ekor ikan hias.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini