5 Tanaman Ampuh Usir Serangga Bikin Santai Berleha-leha di Rumah

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 470 2315090 5-tanaman-ampuh-usir-serangga-bikin-santai-berleha-leha-di-rumah-9rHn3PgHGj.jpg Daun Mint (Foto: Zeenews)

JAKARTA – Bersantai di teras rumah setelah bekerja seharian tentu sangat menyenangkan. Minum teh atau membaca buku dapat menjadi pilihan sambil menikmati udara. Namun, kerap kali kenyamanan bersantai menjadi terganggu karena serangga dan nyamuk.

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Selasa (24/11/20), beberapa tanaman ini bisa digunakan sebagai pengusir serangga dan nyamuk. Tanaman bisa diletakkan dalam pot dekat tempat bersantai di teras.

Baca Juga: Hilangkan Stres, Teras Rumah Disulap Jadi Taman Hidroponik

Citronella Grass (Serai Wangi)

Serai wangi atau Citronella Grass adalah tanaman yang paling populer dikenal dapat mengusir nyamuk. Hal ini disampaikan oleh Carmon Johnston, ahli tanaman gaya hidup. Dia mengatakan serai wangi memiliki aroma khas yang tidak disukai serangga dan nyamuk tentu cocok untuk menghias teras rumah.

“Aromanya sangat khas, saya sering menempatkannya di pot terakota delapan inci ketika sedang bersantai di luar ruangan. Anda juga bisa meletakkannya di bagian tengah ruangan sebagai aksen," tuturnya.

Plants That Repel Mosquitoes, Citronella Grass

Lavender

Lavender diketahui merupakan tanaman yang memiliki aroma harum dan mampu mengusir nyamuk. Menurut Johnston, lavender sangat cocok untuk musim panas. Sebab, tanaman ini dapat tumbuh di area kering dan terkena sinar matahari.

Plants That Repel Mosquitoes, Lavender

“Saya menanam ini di dekat pintu masuk taman saya. Saya menyukai bunga ungu. Lavender suka panas dan kering, jadi sangat cocok untuk musim panas," jelasnya.

Rosemary

Rosemary memang dikenal sebagai penambah rasa pada makanan. Namun, tanaman ini ternyata juga ampuh mengusir serangga. Rosemary memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.

“Ini adalah salah satu bau favorit saya, tapi nyamuk tidak tahan. Anda bisa menanamnya di dalam wadah, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pagar,” tutur Johnston.

Petunia

Tanaman abadi ini dikenal sebagai pestisida alami. Petunia dapat mengusir kutu daun, cacing tanduk, kumbang asparagus, wereng, hingga serangga squash. Peyton Lambton, pakar gaya hidup mengatakan petunia sangat mudah tumbuh dan dapat ditanam di tanah maupun di dalam pot. Dia juga menyarankan untuk menempatkan petunia di tempat terang.

Plants that Repel Mosquitoes, Purple petunias

“Petunia menyukai matahari. Saya menyarankan untuk menempatkannya di tempat terang, tanah kering, dan di bawah sinar matahari penuh,” jelas Lambton.

Mint

Daun mint atau peppermint biasanya digunakan dalam makanan dan minuman. Tanaman ini juga memiliki rasa segar dan aroma yang identik dengan pasta gigi dan permen karet. Mint mudah ditanam, namun jika Anda menanam di taman, akan sulit dihilangkan. Maka Lambton menyarankan untuk menempatkannya di dalam pot.

“Mint mudah ditanam, tetapi begitu ditanam di taman akan sulit untuk dihilangkan. Tanam di dalam pot dan sering-seringlah mem

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini