5 Cara Mengontrol Pengeluaran saat Liburan di Tengah Covid-19

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 622 2315303 5-cara-mengontrol-pengeluaran-saat-liburan-di-tengah-covid-19-dsvyzGolmb.jpg Liburan (shutterstock)

JAKARTA - 2020 menjadi tahun yang berbeda bagi seluruh orang. Pandemi Covid-19 membuat segala sesuatu mulai dari aktivitas sehari-hari hingga acara-acara khusus telah terganggu.

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Selasa (24/11/20), Michaela McDonald, CFP, pakar nasihat di aplikasi layanan keuangan Albert, mengatakan terjadi banyak perubahan pada musim liburan tahun ini. Sebagian orang memilih untuk membatalkannya demi alasan kesehatan maupun finansial. Namun sebagian lagi, masih bersemangat untuk liburan.

 Baca juga: Begini Cara agar BLT Tak Ludes saat Libur Akhir Tahun

Sikap Kreatif sangat diperlukan dalam menyeimbangkan memanfaatkan liburan sekaligus melindungi keuangan Anda. Berikut beberapa cara mengontrol pengeluaran liburan Anda di masa pandemi.

1. Evaluasi Liburan Sebelumnya

Sebelum melakukan liburan di masa pandemi, perhatikan bagaimana liburan Anda beberapa bulan terakhir. Bagaimana perbedaan tahun ini dengan tahun sebelumnya. Anda mungkin tidak mengeluarkan budget menonton bioskop yang sebelumnya selalu dilakukan sebulan sekali, atau kegiatan pulang kampung yang tahun ini juga tidak bisa dilakukan. Pikirkan juga bahwa sebagian orang mengalami PHK bahkan kehilangan anggota keluarga.

 Baca juga: Heboh Pembobolan Rekening, LPS Pastikan Nabung di Bank Tetap Aman

Beberapa hal tersebut, mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk melakukan liburan atau memilih tetap diam di rumah. Dengan meluangkan waktu mengevaluasi, dapat mengontrol pengeluaran Anda.

2. Buat Rencana Anggaran

Tentukan apa yang ingin dilakukan di musim liburan tahun ini. Anda dapat membuat rencana anggaran yang akan dikeluarkan. Hal ini dikatakan oleh Lindsay Sacknoff, kepala deposito konsumen, produk, dan pembayaran di TD Bank.

“Jika Anda memulai dengan anggaran itu, maka Anda dapat mengetahui apa yang ingin Anda lakukan. Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan banyak uang sama sekali,” kata Sacknoff.

3. Kurangi Belanja dan Menjadi Kreatif

Kejenuhan berdiam diri di rumah, bisa menjadi alasan untuk lebih kreatif. Jika biasanya Anda membeli hadiah untuk orang tersayang, coba untuk fokus pada hadiah yang lebih kecil dan murah namun, tetap bermakna. Misalnya, hadiah yang dibuat sendiri (handmade).

“Jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, mungkin Anda memiliki bakat khusus,” tutur Sacknoff.

4. Cermat dalam Mendistribusikan Pengeluaran

Kebanyakan orang menyiapkan uang tiket pesawat atau hotel untuk liburan akhir tahun. Apabila di tahun ini, Anda lebih memilih memberikan hadiah kepada keluarga dibanding pergi berlibur, maka alokasikan uang tersebut untuk membelikan kado yang lebih besar. Namun, jika Anda memilih untuk berlibur, komunikasikan kepada keluarga tentang bertukar kado yang lebih kecil.

5. Hindari Mengadakan Pesta di Rumah

Mengadakan pesta di rumah akan menciptakan pengeluaran yang sangat besar selama liburan. Adanya pembatasan jumlah orang berkumpul terutama di dalam ruangan membuat Anda dapat menghemat pengeluaran di liburan tahun ini.

Jika tetap ingin melakukan pesta seperti pada malam natal, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat pertemuan lebih kecil atau bahkan secara virtual. Simpan uangnya untuk membuat pesta yang lebih besar setelah pandemi ini selesai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini