5 Cara Dekor Ruang Keluarga agar Makin Harmonis

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 470 2316062 5-cara-dekor-ruang-keluarga-agar-makin-harmonis-tcXTfCF9OH.jpg Ruang Keluarga (Shutterstock)

JAKARTA - Ruang keluarga merupakan ruangan yang paling meningkatan keintiman. Dengan adanya ruangan ini, keharmonisanan antaranggota keluarga akan tetap terjaga.

Ruang keluarga adalah ruangan yang digunakan untuk bersantai, bersosialisasi, dan melakukan aktivitas bersama. Ruangan ini merupakan pusat dari sebuah rumah. Setiap angota keluarga dapat bertemu dan saling berkomunikasi bersama di sana.

 Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Anak, Sesuaikan dengan Usia

Dari ruang keluarga, keharmonisan dapat terbentuk. Oleh sebab itu suasana yang berusaha dibangun di dalamnya harus nyaman dan terasa berharga bagi setiap anggota keluarga.

Dilansir dari House Beautiful, Rabu (25/11/2020), berikut adalah beberapa tips menjadikan ruang keluarga menjadi sangat spesial.

1. Buat jadi Nyaman

Kenyamanan adalah hal penting yang pastinya sangat dibutuhkan. Untuk membangun kesan nyaman dari ruang keluarga adalah dengan mendesain dan menatanya sesuai dengan keinginan dan kesepakatan keluarga.

 Baca juga: Bosan Cat Putih, 7 Warna Kece yang Cocok untuk Kamar Mandi

Desainer Interior, Andrew Flesher mengatakan, corak dinding dan langit-langit yang gelap dapat menimbulkan rasa nyaman. Ia juga mengatakan dengan mengontraskan warna murung dan seni tradisional serta didukung dengan perabotan yang sesuai akan membuat ruangan juga menjadi menyenangkan.

2. Tetap Santai

Untuk mencapainya, aturlah barang-barang di ruang keluarga agar tidak terlalu membosankan. Ketika sudah mengaturnya dengan baik, ruangan akan bisa digunakan untuk bersantai.

Menurut petunjung ruang yang dirancang Arent and Pyke, saat mendesain ruangan, atur furniture sedemikian rupa. Dengan mengaturnya percakapan dengan sesama anggota keluarga dapat terjalin dengan baik.

3. Pilih Warna Netral

 

Jika telah menempatkan furniture ruangan dengan baik, rencanakan menggunakan warna dinding yang netral, seperti putih dan abu-abu. Dengan desain yang netral, Leanne Ford mengatakan ruangan akan menjadi nyaman untuk berkumpul, mudah menjalin kedekatan dengan anggota keluarga yang lain, dan enak untuk bersantai.

4. Pilih Monokrom

Monokrom biasanya dikaitkan dengan gradasi tone dari satu warna, misalnya perpaduan antara biru tua dan biru muda. Dengan menggunakan warna monokrom, nuansa klasik akan tercipta di dalam ruangan.

Heather Hillirad mengatakan, melakukan proses desain monokrom sangat mudah dilakukan karena hanya menggunakan gradasi dari satu warna yang sama. Desain monokrom juga bisa membuat siapapun yang berada di dalamnya mendapatkan ketenangan.

5. Atur Posisi Tempat Duduk

Dengan mengatur tempat duduk di posisi yang diinginkan akan menciptakan suasana yang lebih santai. Kita bisa beristirahat dengan baik di sana. Kemudian, tentukan lokasi furniture yang lain agar kenyaman juga di dapatkan ketika bersanati di ruang keluarga. Jangan lupa untuk menempatkan meja kecil untuk meletakkan makanan atau minuman selagi bersantai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini