UU Ciptaker Bisa Bikin RI Lolos dari Middle Income Trap

Aditya Pratama, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 320 2316596 uu-ciptaker-bisa-bikin-ri-lolos-dari-middle-income-trap-OJkE0haS1F.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Indonesia disebut tengah menghadapi tantangan middle income trap atau keadaan ketika perekonomian suatu negara tidak dapat meningkat menjadi negara high income country.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah meluncurkan Undang-Undang (UU) nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Baca Juga: Apa Dampaknya jika Tak Ada UU Cipta Kerja? 

Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kemenko Perekonomian Elen Setiadi mengatakan, jika suatu negara terjebak di middle income trap maka nantinya akan berdaya saing lemah.

"Karena dibandingkan low income country kalah bersaing dengan upah tenaga kerja mereka yang lebih murah, dengan high income country kalah bersaing dengan teknologi dan produktivitas," ujar Elen dalam acara Serap Aspirasi Impelementasi UU Cipta Kerja, Kamis (26/11/2020).

 

Elen menambahkan, dari pengalaman negara maju dengan kontribusi daya saing tenaga kerja dan produktivitas menjadi andalan, maka hal tersebut diimpelentasikan dalam Undang-Undang Cipta. Sebab, Indonesia perlu melakukan transformasi ekonomi dalam memacu pertumbuhan ekonomi menjadi lebih cepat, sehingga dapat keluar dari jebakan middle income trap.

"UU Cipta Kerja menjadi bagian yang penting untuk mendorong terlaksananya transformasi ekonomi tersebut, selain pelaksanaan transformasi digital, industri 4.0, izin pemerintahan berbasis elektronik, UMKM via platform digital, teknologi keuangan dan beberapa hal lainnya," katanya.

Dia menyebut, dengan adanya UU Cipta Kerja dan pemulihan dari situasi pandemi Covid-19, diharapkan ke depannya dapat mendorong dilakukannya transformasi ekonomi, dimana peran teknologi informasi menjadi sangat penting.

"Di samping upaya percepatan perizinan, penyederhanaan birokrasi serta reformasi regulasi," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini