4 Cara Hemat Energi meski Kerja dan Belajar dari Rumah

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Senin 30 November 2020 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 320 2318701 4-cara-hemat-energi-meski-kerja-dan-belajar-dari-rumah-zL33FrZICe.jpg Tips Hemat Listrik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat segala aktivitas di luar rumah dibatasi, guna menghindari kerumunan dan mencegah virus corona. Kegiatan perkantoran, pendidikan hingga ibadah pun dialihkan ke rumah.

Hal tersebut pun membuat penggunaan energi di rumah, seperti listrik menjadi bertambah. Tidak heran jika tiba-tiba tagihan penggunaan tersebut meningkat tajam karena menggunakan semua peralatan yang ada di rumah terus menerus.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Tagihan Listrik, Begini Langkahnya

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menekan biaya tagihan utilitas agar bisa menghemat energi dan biaya. Pakar Energi dan Ceo OhmConnect membagikan tips untuk menghemat energi dari penggunaan peralatan rumah agar biaya tagihan bisa ditekan dan hemat energi.

Pertama, Jangan Teralu Mengandalkan Mesin

Menggunakan peralatan yang berhubungan dengan mesin, seperti televisi, komputer, dan lainnya secara berlebihan akan membuat tagihan listrik meningkat. Selain itu, penggunaan yang berlebihan akan mempengaruhi kesehatan penggunanya. Semua harus dipikirkan beserta dampaknya yang akan diterima.

“Kebanyakan orang sering tidak memikirkan dampak lingkungan dan finansial dari penggunaannya,” kata DeVries, dilansir dari Real Simple, Senin (30/11/2020),

Dirinya pun menyarankan, sebaiknya gunakan jadwal dalam melakukan penggunaan alat tersebut agar bisa menghemat pengeluaran dan juga peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Di bawah rencana energi waktu penggunaan, Anda dapat menghemat pengeluaran sebulan hanya dengan mengubah waktu saat Anda menggunakan suatu peralatan,” sambungnya.

Baca Juga: Kemudahan Akses Listrik Indonesia di Peringkat 33 Dunia

Kedua, Pegang Kendali Termostat

Termostat adalah salah satu komponen dalam sistem pendingin ruangan, seperti AC. Penggunaan AC tanpa kontrol yang baik akan membuat pengeluaran bulanan menjadi lebih banyak.

Menurut DeVries, penggunaan AC menjadi salah satu penyebab meningkatnya pengeluaran karena hampir menyumbang 16% penggunaan energi listrik di rumah. Dia menyarankan, perlu dilakukannya perencaan dalam mengatur penggunaan penyejuk ruangan ini.

Gunakan mode pengaturan waktu yang dikenal dengan timer agar penggunaan AC secara cerdas bisa meghemat pengeluaran pembayaran tagihan dan menghemat energi.

Ketiga, Optimalkan Mesin Pencuci

Penggunaan mesin pencuci, baik itu mesin cuci pakaian dan piring secara tak teratur akan membuat pengeluaran dan energi menjadi boros. Menurut United States Energy Information Administration, peralatan tersebut menggunakan energi listrik yang besar.

Untuk menekan biaya, DeVries menyarankan agar menggunakaan hanya saat pakaian ataupun piring sudah menumpuk banyak. Hal itu bertujuan pula untuk meghemat energi listrik secara signifikan.

Keempat, Gunakan Smart Plugs

Dengan menggunakan smart plug, energi dapat dijawdalkan pemanfaatannya sesuai dengan kebutuhan. Disarankan menggunakannya pada colokan/stopkontar listrik di rumah.

Teknologi smart plus merupakan teknologi yang akan otomatis berhenti jika sudah tidak digunakan lagi setelah beberapa saat.

“Anda dapat mengatasi ‘vampir energi’ tersebut dengan memasang steker smart pada kotak kabel Anda dan kemudian menyetelnya untuk mati secara otomatis dalam semalam saat Anda tidak menggunakannya,” kata DeVries.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini