Indonesia Ternyata Pemain Global Ekonomi Syariah, Ini Buktinya

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 30 November 2020 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 320 2318770 indonesia-ternyata-pemain-global-ekonomi-syariah-ini-buktinya-3lbM5pEO2C.jpg Keuangan Syariah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia sedang berbenah diri di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Mengingat, Indonesia berkomitmen untuk menjadi salah satu pemain utama dari ekonomi keuangan syariah.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, dalam lima tahun terakhir pemerintah bersama stakeholder terkait melakukan beberapa hal untuk mendorong ekonomi dan keuangan syariah. Dan hasilnya pun mulai terlihat karena Indonesia masuk ke dalam 10 pemain besar daam ekonomi dan keuangan syariah.

“Selama lima tahun terakhir ini, capaian sudah mulai terlihat. Seperti saat ini, Indonesia sudah menjadi salah satu player di ekonomi keuangan syariah,” ujarnya dalam acara Webinar Syariah Series KAFEGAMA 2020, di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Baca Juga: Gubernur BI: Ekonomi Keuangan Syariah Bukan Cuma Masalah Agama 

Berdasarkan data State of Global Islamic Economy Report terbaru periode 2020-2021, Indonesia berhasil masuk 10 besar pemain global. Bahkan yang lebih menggembirakan, peringkat Indonesia naik dari nomor 5 menjadi 4.

“Peringkat tahun ini naik dari nomor 5 menjadi nomor 4,” ucapnya.

 

Secara spesifik, Perry menambahkan, untuk industri makanan halal, Indonesia berada di peringkat 4. Kemudian untuk industri fashion muslim, Indoneska berada di peringkat 3 hanya kalah dari Uni Emirat Arab (UEA) dan Turki.

Kemudian untuk industri kosmetik halal, Indonesia masih jauh berada di peringkat 6. Begitupun juga dengan industri pariwisata halal dan keuangan syariah yang saat ini masih berada di peringkat 6.

“Bidang Keuangan Islamic Finance top ten dan kita nomor 6 dan sejak 2015 kembangkan perbankan keuangan syariah kembangkan ekonomi dan terus lakukan edukasi literasi keuangan syariah,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini