5 Cara Menjaga Nama Baik Perusahaan

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 455 2320794 5-cara-menjaga-nama-baik-perusahaan-sk7OzNHOrT.jpg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Reputasi perusahaan mungkin merupakan aset yang paling berharga. Tidak dapat dipungkiri, reputasi buruk akan tetap ada. Tinggal bagaimana cara kita menyikapi risiko tersebut.

Semakin besar bisnis, semakin rentan terkena reputasi buruk. Untuk bisnis besar, mungkin memiliki sistem perbaikan dari keuangan untuk mengatasi reputasi yang rusak. Sayangnya, perusahaan kecil mungkin tidak.

Baca juga: Buka Jasa Konsultasi Bisnis? Siap-Siap Hadapi Ini

Seperti adanya berita negatif, terutama di era media sosial yang dengan mudah mendorong penyebaran informasi hoax. Tentu setiap perusahaan tidak ada yang ingin terkena reputasi buruk. Simak beberapa tips dari The Balance untuk menjaga perusahaan dari reputasi buruk, dikutip Kamis (3/12/2020):

1. Peka

"Sedia payung sebelum hujan". Sebelum terjadinya peristiwa yang berpotensi mengancam reputasi, lebih baik sudah tahu apa yang harus dilakukan jika akan terjadi risiko.

 

2. Menanggapi Masalah

Komentar negatif dari pelanggan bisa diselesaikan dengan tiga cara. Pertama, bisa dengan mengacuhkannya. Kedua, dengan minta maaf dan meminta pelanggan untuk menyampaikan komentar positif. Ketiga, dengan mengganti kerugian yang didapatkan oleh pelanggan.

3. Atasi Masalah Kecil dengan Cepat

Masalah kecil bisa menjadi masalah besar jika tidak segera diselesaikan. Pada akhirnya dapat memicu penarikan perusahaan kembali secara resmi.

4. Kebijakan Media Sosial yang Jelas

Tentukan siapa yang dapat mengakses akun media sosial perusahaan. Kebijakan media sosial juga harus menjelaskan bagaimana pekerja harus berperilaku online.

5. Cari Bantuan dari Perusahaan Manajemen Reputasi Online

Perusahaan-perusahaan ini dapat memantau kerusakan reputasi, membantu menekan ulasan buruk, berita hoax, atau posting media sosial, dan meningkatkan profil online perusahaan Anda secara keseluruhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini