Belum Punya Rumah, Masyarakat Indonesia Masih Tinggal Nomaden?

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 03:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 470 2321140 belum-punya-rumah-masyarakat-indonesia-masih-tinggal-nomaden-daaSbWIiGp.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

BOGOR – Pemerintah tengah berfokus pada sektor properti untuk penyediaan tempat tinggal bagi masyarakat. Pasalnya, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), masih banyak masyarakat yang tidak memiliki rumah.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2019, jumlah keluarga di Indonesia yang memiliki rumah sebesar 80,07%. Kemudian mereka yang masih menyewa rumah, menumpang pada kerabat, bahkan hidup nomaden memiliki persentase kurang lebih sebesar 20%.

 

Wakil Presiden, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa sektor properti ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk menyediakan tempat tinggal bagi masyarakat.

"Kita semua menyadari, bahwa perjuangan untuk memfasilitasi penyediaan rumah bagi rakyat masih panjang," ujarnya dalam acara Rakernas REI, Kamis (3/12/2020).

Oleh karena itu lanjut Ma'ruf, pemerintah memberikan perhatian khusus kepada sektor properti. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp30 triliun untuk pembiayaan perumahan.

Baca Selengkapnya: Duh, 20% Masyarakat Indonesia Belum Punya Rumah

(kmj)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini