Kesenjangan si Kaya dan si Miskin Kian Melebar, Boediono Singgung Banyaknya Kejahatan

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 320 2323802 kesenjangan-si-kaya-dan-si-miskin-kian-melebar-boediono-singgung-banyaknya-kejahatan-sW6weWfakw.jpg Boediono (Foto: Antara)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 akan berdampak tingginya ketimpangan sosial. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun akan dirasakan oleh semua negara.

"Jika Anda bertanya kepada saya, dampak dari pandemi maka jawaban saya adalah meningkatnya ketimpangan ekonomi dan sosial di semua negara" kata Wakil Presiden ke-11 I Indonesia Boediono dalam seminar secara daring, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga: Soal Resesi, Luhut: RI Ekonomi Terbesar di Asia Tenggara Juga Terdampak Covid-19

Boediono menjelaskan, setelah ada ketimpangan sosial, maka yang selanjutnya terjadi adalah tindak kejahatan. Ketimpangan ekonomi akan membuat gesekan sosial yang ada di masyarakat.

"Melebarnya kesenjangan ekonomi dan sosial merupakan penyebab banyaknya kejahatan, konflik sosial, dan bahkan perang," jelasnya.

Meski begitu, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2008-2009 itu mendorong agar masyarakat berpikir positif. Dalam situasi seperti ini masyarakat harus bersikap optimis

"Saat ini banyak berita yang bersifat hati-hati dari pada berita yang optimis. Tentu bukan untuk menyebarkan pesimisme di antara kita, tetapi untuk memotivasi supaya lebih siap," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini