Kisah Peternak Ayam Berlabel Miliarder yang Punya Harta Rp195 Triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 455 2324052 kisah-peternak-ayam-berlabel-miliarder-yang-punya-harta-rp195-triliun-aJtpPrNfg5.jpg Liu Yonghao (Foto: Forbes)

JAKARTA - Siapa yang tak kenal dengan Liu Yonghao. Bos dari perusahaan agribisnis terkenal dan besar yakni New Hope Group ini merupakan orang terkaya nomor 19 di negeri tirai bambu.

Pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua China Minsheng Bank tersebut memiliki harta kekayaan mencapai USD13,8 miliar atau setara Rp195,2 triliun. Namun siapa yang sangka jika Yonghao Li dulunya merupakan peternak ayam.

Baca Juga: Kisah Molnar, Jadi Miliarder di Usia 30 Tahun karena Krisis Ekonomi

Mengutip dari SCMP, Rabu (9/12/2020), pria ini memiliki gaya hidup yang sederhana. Dirinya lebih memilih berpakaian sopan dengan mengguna kaos daripada jas.

Kepribadiannya terlihat jauh dari kesan mewah dan bergelimang harta. Hal ini menjadikan dirinya sebagai salah satu pengusaha sukses yang identik.

Baca Juga: Tinggalkan Silicon Valley, Perusahaan Ini Pilih Pindah ke Texas

Tak hanya dari cara beprakaian, caranya berbicara juga cenderung rendah hari. Dirinya juga selalu mencukur atau memangkas rambutnya di penata rambut yang sama.

Yonghua Li selalu mengendarai Volkswagen Santana sederhana selama bertahun-tahun sebelum diyakinkan untuk membeli ke Mercedes. Bahkan yang lebih menariknya, dirinya selalu melakukan perjalanan di kelas ekonomi untuk memastikan dia mendapat diskon.

Liu juga dengan bangga memiliki tambalan sayuran di rumahnya di Beijing dan Chengdu, tempat ia menanam cabai dan mentimunnya sendiri. Keakrabannya dalam merawat tanah dan fakta bahwa ia sering disebut sebagai peternak ayam terkaya di China.

“Saya menanam padi dan sayuran, dan membawa ember berisi kotoran manusia. Saya melakukan semua pekerjaan yang diharapkan dilakukan oleh seorang petani,” ucap Liu Yonghao.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini