Jokowi Ingin Masyarakat Desa Melek Keuangan, Lakukan Cara Extraordinary!

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 622 2325072 jokowi-ingin-masyarakat-desa-melek-keuangan-lakukan-cara-extraordinary-4VCfesunqr.png Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) harus segera diperluas hingga berada di seluruh provinsi, dan kabupaten/kota di Indonesia. Sebab, peran TPAKD amat penting dalam membangun perekonomian daerah.

"Saya memperoleh laporan telah ada laporan 32 TPAKD di tingkat provinsi dan 165 TPAKD di level kabupaten dan kota. Ini perlu terus ditingkatkan agar dapat menjangkau semua provinsi, dan semua kabupaten dan kota dan mempercepat perluasan akses keuangan dan pembiayaan di daerah,” kata Jokowi dalam Rakornas TPKAD 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga: Peran TPAKD dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat di Daerah 

Menurut dia, peningkatan akses keuangan ini, penting, yakni untuk mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di daerah, mendorong keadilan sosial, peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup rakyat banyak melalui inklusi keuangan.

“Pada kesempatan ini saya mengajak bapak ibu dan saudara-saudara sekalian untuk melakukan cara-cara extraordinary dalam melakukan beberapa hal,” ujarnya.

Presiden Jokowi Beri Sambutan untuk Kedatangan Vaksin Covid-19

Sebagai informasi, Rakornas ini nantinya akan membahas tentang bagaimana sinergitas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah dan seluruh perbankan terus berkolaborasi mempercepat serapan keuangan, dengan tujuan semua program pembangunan yang sudah direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik.

Selain itu terdapat empat tujuan utama dari rakornas yang akan digelar pada tanggal 10 Desember 2020 mendatang, antara lain pertama membahas tentang pemahaman dan komitmen kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan steakholder terkait program inklusi keuangan di berbagai daerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini