Penumpang Kapal Penyeberangan Diprediksi Naik 12% saat Libur Akhir Tahun

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 320 2327259 penumpang-kapal-penyeberangan-diprediksi-naik-12-saat-libur-akhir-tahun-BvVMxEI6zd.jpg Persiapan ASDP Jelang Libur Natal. (Foto: Okezone.com/ASDP)

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkirakan jumlah penumpang kapal penyebrangan akan mulai pulih pada akhir libur akhir tahun. Peningkatan yang terjadi tidak hanya pada penumpang orang tapi juga kendaraaan.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, jika dibandingkan selama pandemi, maka akan ada peningkatan jumlah penumpang orang sebesar 12% pada akhir tahun nanti. Sedangkan kendaraan juga akan naik meskipun angkanya hanya 7% saja.

Baca Juga: Libur Panjang Tidak Membuat Penyeberangan Penumpang Ramai

“Kalau dibandingkan rata-rata sejak pandemi ada kenaikan dari average penumpang naik 12%. Dan kendaraan naik 7%,” ujarnya dalam acara paparan di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Senin (14/12/2020).

Namun, jika dibandingkan dengan dengan tahun lalu memang ada penurunan jumlah penumpang. Karena diperkirakan penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru hanya sekitar 2,2 juta saja atau turun 39,4%.

Baca Juga: Libur Panjang Akhir Oktober, Antisipasi Lonjakan Penumpang Kapal Laut

“Kendaraan roda dua diperkirakan hanya 153 ribu angka tersebut 38,4%. Kemudian untuk roda 4 diperkirakan memcapai 450 ribu atau turun sekitar 21%,” ucapnya.

Ira menambahkan, pihaknya terus mempersiapkan diri untuk menghadapi libur natal dan tahun baru. Secara khusus untuk 10 lintasan di seluruh Indonesia.

“ASDP sudah melakukan persiapan terkait dengan nataru yaitu yang akan pantau khusus di 10 lintasan seluruh Indo yang sejarahnya memang memerlukan pemantauan khusus karena trafik diperkirakan naik pada nataru,” jelasnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini