Imbas Dikorupsi, Bansos Sembako Jabodetabek Diganti Uang Tunai di 2021

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 320 2328124 imbas-dikorupsi-bansos-sembako-jabodetabek-diganti-uang-tunai-di-2021-iKbnWrGqYr.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan tetap menyalurkan bantuan sosial (bansos) pada tahun depan. Menteri Sosial Ad Interim RI Muhadjir Effendy mengatakan bansos untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 di wilayah Jabodetabek akan diganti dengan bantuan sosial tunai (BST).

"Bansos Jabodetabek skema yang kita gunakan ialah BST, tapi teknisnya masih harus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Namun, di luar Jabodetabek, bansos reguler dan jaring pengaman sosial COVID-19 tetap dilakukan seperti biasanya. Pemilik kartu sembako atau bantuan pangan nontunai (BPNT) jumlahnya mencapai 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kemensos juga akan memastikan bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran. Artinya, bantuan uang tersebut, hanya digunakan untuk kepentingan yang perlu saja.

Sebab, menurutnya salah satu kelemahan dari BST ialah sulitnya mengontrol penggunaan bantuan setelah diberikan. Dikhawatirkan uang yang diberikan pemerintah, digunakan untuk membeli rokok dan sebagainya.

Baca Selengkapnya: Pengumuman! Bansos Jabodetabek 2021 Diganti Jadi Uang Tunai

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini