Persiapan Menjalankan Bisnis Cuci Sepatu, Cek 5 Hal Penting Ini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 455 2327800 persiapan-menjalankan-bisnis-cuci-sepatu-cek-5-hal-penting-ini-i9aTommgRZ.jpg Bisnis Cuci Sepatu Jadi Tren. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA Bisnis cuci sepatu sedang populer saat ini. Usaha seperti ini pun siapa saja bisa melakukannya sesuai kemampuan anggaran dana yang dimilikinya.

Bisnis cuci atau laundry sepatu biasanya memiliki berbagai jenis layanan, seperti mengumpulkan sepatu, pencucian dan perbaikan sepatu ketika diperlukan, hingga mengantarkan sepatu yang telah dicuci ke rumah pelanggannya. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah yang saat ini sesuai dengan kondisi pandemic Covid-19.

Baca Juga: Cara Membuka Usaha Toko Bangunan, Pahami 4 Hal Ini

Dilansir dari Next What Business, Jakarta, Selasa (15/12/2020), ketika ingin membuka bisnis binatu sepatu ini, pemahaman dan pengetahuan tentang bisnis perlu dimiliki. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah jika memiliki ruangan yang cocok untuk bekerja, seperti tempat mencuci, penyimpanan, dan tempat packing untuk pengiriman.

Berikut ini telah Okezone rangkum 5 hal yang perlu disiapkan sebelum membuka bisnis cuci sepatu.

1. Pahami Permintaan dan Tren Lokal

Sebelum memulai pencucian sepatu, penting untuk melakukan riset pasar yang terperinci dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Kegiatan tersebut akan membantu untuk mendapatkan informasi tentang permintaan lokal, tingkat persaingan, harga, tren, dan banyak lagi.

Baca Juga: Keuntungan Usaha Fotocopy, Begini Hitung-hitungannya

Informasi yang dikumpulkan dapat digunakan untuk menjelajahi celah dan membuat perencanaan atau strategi bisnis yang cocok dengan kondisi pasar.

2. Hitung Biaya

Investasi sepenuhnya bergantung pada model bisnis yang dipilih. Namun, uang harus diinvestasikan untuk membeli mesin, peralatan, dan bahan pencuci untuk keperluan laundry sepatu.

Kemudian, jika tidak menjalankan bisnis ini dari rumah, investasi perlu dilakukan untuk mengamankan tempat tersebut. Selain itu, ada beberapa biaya yang terlibat dalam perekrutan tenaga kerja, pembelian peralatan kantor, pengemasan, dan lain-lain.

3. Buat Rencana Proyek Bisnis

Sebuah rencana bisnis tidak hanya bekerja sebagai peta jalan untuk menjalankan usaha, tetapi juga untuk mencari dana, itu adalah hal yang paling penting. Semua investor akan melihat rencana proyek bisnis yang ingin dibangun sebelum mereka benar-benar berinvestasi dengan bisnis yang ditawarkan.

Oleh karena itu, membuat proyek bisnis laundry sepatu sangatlah penting.

4. Pengadaan Peralatan

Lakukan pengadaan barang untuk menunjang berjalannya bisnis sepatu, seperti mesin pencuci, pengering, dan lain-lain. Barang yang dibutuhkan disesuaikan dengan spesifikasi yang diinginkan. Kemudian, jangan lupa menyiapkan ruang khusus untuk tempat mencuci, penyimpanan, dan tempat packing untuk pengiriman.

5. Strategi Promosi

Strategi usaha laundry sepatu bisa dilakukan dengan berbagai media, terlebih di media digital internet melalui media sosial. Manfaatkan layanan halaman bisnis pada media sosial untuk menginformasikan bisnis kepada khalayak umum.

Kunci dari promosi ini adalah ide kreatif perlu ditumbuhkan supaya orang tertarik menggunakan jasa cuci sepatu yang ditawarkan padanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini