Vaksin Covid-19 Gratis Bakal Buat Defisit APBN Melebar

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 320 2329230 vaksin-covid-19-gratis-bakal-buat-defisit-apbn-melebar-asONtc5EzE.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah mengubah kebijakannya terkait vaksin Covid-19. Dari sebelumnya ada yang berbayar menjadi gratis untuk semua warga negara Indonesia.

Adapun hal ini bakal membuat defist Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) bakal melebar.Lantaran, pemerintah akan menambah anggaran vaksin pada APBN.

 Baca juga: Vaksin Covid-19 Gratis, Jokowi: Saya Ulangi Lagi Tak Dikenakan Biaya!

"Oleh karena Itu, saya kira pemerintah akan menambah anggaran untuk vaksinasi tdk dengan melakukan realokasi. Artinya defisit APBN yang akan melebar," kata Ekonom Core Piter Abudllah saat dihubungi MNC Portal di Jakarta, Kamis (17/12/2020)

Kata dia, yang terpenting masyarakat harus paham dan tidak boleh protest bahwa pelebaran defisit adalah akibat kebijakan vaksinasi gratis.

 Baca juga: Jokowi: Butuh Beberapa Bulan Suntik Vaksin Covid-19

"APBN tentunya sudah ada Alokasi untuk program-program tertentu diluar vaksinasi. Walaupun pasti ada juga dana untik berjaga- berjaga tetapi tidak mungkin cukup untuk tambahan yang begitu besar," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa kebijakan ini berubah setelah menerima banyak masukan dari masyarakat.

"Setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” bebernya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini