Menhub Klaim Serapan Anggaran Kemenhub 2020 Capai 95%

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 320 2332915 menhub-klaim-serapan-anggaran-kemenhub-2020-capai-95-TJWK4YL4lC.jpg Menhub (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan sejumlah capaian yang berhasil diraih oleh Kementerian Perhubungan di sepanjang tahun 2020 ini.

Sejumlah capaian itu seperti dari keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam sejumlah aspek pembangunan untuk melayani masyarakat dan memastikan segala moda transportasi dapat berjalan dengan baik. Di mana capaian penyerapannya itu sudah 95%.

"Insya Allah Kemenhub akan mencapai penyerapan anggaran lebih dari 95%" ujar dia dalam telekonferensi, Rabu (23/12/2020).

Meski Menteri Budi tak merinci total serapan anggaran Kemenhub 2020. Akan tetapi, pihaknya, menjelaskan proyek-proyek pembangunan bidang transportasi apa saja yang berhasil dilakukan Kemenhub tahun ini.

"Pertama pembangunan aspek transportasi pendukung 10 destinasi pariwisata nasional, lalu program tol laut yang kerap digadang-gadang oleh Kemenhub. Dan juga kegiatan lain yang harus meningkatkan pergerakan agar ekonomi tetap bergerak dan membuat Indonesia maju," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, ada juga pembangunan proyek logistik Pelabuhan Patimban yang baru diresmikan pada tanggal 20 Desember 2020 lalu, hingga pembangunan jalur ganda kereta api di wilayah Jawa bagian selatan.

"Asa juga proyek pembangunan runway III dan east cross di Bandara Soekarno-Hatta, pembangunan bandara di Kulonprogo, serta penyelesaian proyek kapal perintis yang jumlahnya lebih dari 100 kapal," jelas dia

Kemenhub, kata Budi telah membangun pelabuhan Gilimas di Lombok dan melakukan reaktivasi angkutan kereta api ke kota kecil misalnya dari Ciranjang ke Cipatat yang terhubung ke Bandung.

"Kita juga melakukan kegiatan subsidi laut, udara, dan kereta api. Secara khusus kita juga lakukan by the service angkutan darat," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini