3 Alasan Penting Bikin Anggaran Liburan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 622 2335605 3-alasan-penting-bikin-anggaran-liburan-CQ1Ts6oUyP.jpg Tips Mengatur Keuangan untuk Liburan Akhir Tahun. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Libur akhir tahun sudah di depan mata, berlibur menjadi rencana sebagian orang. Salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan liburan adalah merencanakan anggaran.

Terlebih pada kondisi seperti saat ini, di mana pandemi Covid-19 berdampak pada kesulitan ekonomi, anggaran pengeluaran liburan akan sangat berguna. Ini akan membantu seseorang mengontrol pengeluarannya.

“Penting atau tidaknya membuat anggaran liburan tergantung masing-masing orang, tapi menurut saya cukup penting. Dengan anggaran liburan, paling tidak supaya nggak pusing saat pulang liburan,” tutur Perencana Keuangan Andi Nugroho kepada Okezone Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga: Likuiditas Perbankan RI Aman, Makin Banyak Orang Nabung

Menurutnya, ada beberapa alasan mengapa membuat anggaran liburan menjadi hal yang penting dan perlu dilakukan.

1. Tidak ‘pusing’ setelah liburan

Bagi sebagian orang, terutama yang tidak memiliki banyak dana dalam tabungannya, membuat anggaran liburan menjadi hal penting. Setidaknya dengan adanya anggaran liburan seseorang tidak ‘pusing’ melihat tabungannya setelah pulang liburan.

Baca Juga: Cerita Tjahjo Kumolo soal Gaji: Jadi Anggota DPR Rp260 Juta, Kalau Menteri Cuma Rp18 Juta

2. Mendisiplinkan diri

Dibuatnya anggaran liburan bertujuan agar seseorang mampu mendisiplinkan dirinya. Dengan anggaran tersebut, pengeluaran akan lebih terkontrol. Jika berusaha mematuhi anggaran, maka akan lebih mudah menahan godaan untuk pengeluaran yang lain-lain.

“Ini adalah ajang untuk mendisiplinkan diri. Dibuatnya anggaran agar kita mampu menjaga pengeluaran sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan,” ujar Andi.

3. Hidup tidak hanya tentang liburan

Banyak orang menghabiskan uang dalam jumlah yang besar untuk liburan. Bagi mereka yang masih lajang dengan kondisi keuangan yang berlebih, mungkin tak ada salahnya. Tapi bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki beban tanggungan anak, ini bisa menimbulkan masalah.

“Hidup tak hanya saat liburan, tapi masih banyak yang harus dilalui,” ujarnya.

Maka, penting untuk memahami bahwa hidup tak melulu soal liburan. Masih banyak dana yang harus disiapkan untuk menjalani kehidupan selanjutnya. Jadi berhematlah sebisa mungkin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini