Wall Street Sepanjang 2020 Sembuh dari Covid-19, Dow Jones dan S&P Pecah Rekor

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 278 2337167 wall-street-sepanjang-2020-sembuh-dari-covid-19-dow-jones-dan-s-p-pecah-rekor-OzXjAJXO8W.jpg wall Street Menguat. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street mengakhir 2020 dengan penuh gejolak akibat pandemi virus corona. Meski demikian, tiga indeks utama ekuitas mencatat rekor kenaikan tahunan.

Perdagangan dalam satu tahun menandai berakhirnya bullish terpanjang dalam catatan, karena terjadi kebijakan penguncian wilayah karena pandemi menghantam ekonomi global. Meski demikian, indeks S&P 500 telah naik lebih dari 66% dari level terendah sejak 23 Maret sehingga menghasilkan pasar bearish terpendek.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Menguat Berkat Saham Amazon hingga Facebook

Dow dan S&P juga mencetak rekor tertinggi dalam menutup perdagangan tahun ini. Sedangkan Nasdaq ke rekor awal pekan ini, didorong stimulus fiskal dan moneter besar-besaran yang diberlakukan untuk menopang ekonomi yang terguncang akibat virus corona.

Untuk tahun ini, S&P 500 naik 16,3%, Dow 7,2% dan Nasdaq 43,6%. Hal ini menandai kenaikan tahunan terbesar untuk indeks teknologi sejak 2009.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Lesu Usai Pertemuan The Fed

"Untuk indeks yang luas, ini adalah tahun bullish meskipun ada kegilaan di dunia nyata," kata Kepala Penelitian dan Perdagangan Harvest Volatility Management Mike Zigmont, dilansir dari Reuters, Jumat (1/1/2020).

"Pandemi virus corona adalah katalis dan sekarang investor telah memutuskan siapa pemenangnya dan siapa yang kalah dan bergerak maju," sambungnnya.

Namun, data pada akhir 2020 menjadi pengingat bahwa ekonomi masih membutuhkan waktu pemulihan yang panjang karena klaim pengangguran awal mingguan.

Di sisi lainnya, teknologi dan konsumen menjadi sektor dengan kinerja terbaik tahun ini. Sementara energi menjadi yang terlemah dari 11 sektor S&P utama pada tahun ini dalam perjalanan menuju kinerja tahunan terburuk yang pernah ada.

Perusahaan besar seperti Amazon dan Apple membantu mengangkat S&P 500 dan Nasdaq serta menjadi perusahaan yang diuntungkan karena kebijakan tinggal di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini