4 Cara Nyaman Atur Keuangan Selama Covid-19 Belum Berakhir

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 622 2337585 4-cara-nyaman-atur-keuangan-selama-covid-19-belum-berakhir-VWwqlmueEf.jpg Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Mengatur atau mengelola keuangan yang ada saat ini sangatlah penting. Apalagi pandemi virus corona memberi ketidakpastian terhadap semua hal ke depannya.

Karena itu, mengatur keuangan dapat mempermudah perencanaan masa depan dan menabung untuk tujuan yang terpenuhi.

Tetapi untuk mencapainya, perlu diketahui bagaimana uang bekerja untuk kehidupan, bukan bekerja untuk uang. Membuat uang bekerja artinya mengambil kendali penuh atas keuangan.

Baca Juga: 4 Cara Resolusi Keuangan 2021 agar Tercapai

Mengutip dari thebalance, Sabtu (2/1/2021) begini cara memperoleh kenyamanan finansial dan membangun kekayaan demi masa depan.

1. Mempelajari Anggaran

Anggaran adalah alat penting untuk menangani uang. Pahami dari mana uang berasal dan akan dibelanjakan untuk apa. Lakukan apa yang diinginkan dengan terencana, daripada menghabiskannya semata-mata.

Anggaran bertujuan untuk:

- Mengurangi pengeluaran

- Melunasi utang

- Menabung untuk masa depan

- Menggunakan uang sesuai prioritas

Baca Juga: Belajar dari Konglomerat Li Ka Shing, Atur Keuangan Demi Masa Depan

2. Menuntaskan utang

Ketika berutang, pasti pembayaran lebih dari biaya pembelian awal. Juga harus membayar bunga yang dapat menguras pendapatan.

Sebaiknya, minimalkan pengeluaran yang lain dan fokus untuk melunasi hutang. Gunakan uang lebih apapun yang dimiliki untuk melunasi hutang.

Setelah lunas, jangan berhutang untuk membeli yang diinginkan. Tabung uang untuk membeli, agar terlepas dari bunga hutang dan pemborosan.

3. Buat Dana Darurat

Ini adalah cara lain untuk membuat uang bekerja. Jika keadaan darurat benar-benar muncul, uang tabungan darurat dapat digunakan tanpa merusak keseimbangan finansial keluarga Anda.

Memang dibutuhkan waktu yang lama untuk menabung dana darurat. Juga menabung anggaran sehari-hari. Pasalnya, membangun dana darurat berbeda dengan anggaran.

Dana darurat tidak bisa digunakan dengan alasan apapun, kecuali hanya untuk keadaan darurat seperti, kecelakaan, kerugian bisnis perbaikan mobil yang butuh biaya ekstra, dan lainnya. Anggaran bisa digunakan untuk keperluan yang lain, seperti membayar biaya kuliah anak, cicilan rumah, rencana liburan, atau yang lain diluar keadaan darurat.

4. Simpan atau Investasi Uang

Setelah terbebas dari pengeluaran ekstra dan pelunasan hutang. Gunakan uang untuk berinvestasi atau simpan dengan baik. Uang yang disimpan tergantung usia, gaya hidup dan tujuan masing-masing.

Rekening pensiun dibutuhkan untuk mempertimbangkan:

- Tabungan pendidikan, untuk anak atau cucu di masa depan.

- Menabung memulai bisnis

- Tanggungan perawatan jangka panjang jika sudah tua

Saat mulai berinvestasi, penting untuk memverifikasi semua uang yang dimiliki. Investasi tidak perlu yang rumit seperti saham, obligasi, reksadana. Investasikan uang dengan membeli perhiasan dan ditaruh di rekening bank yang aman dengan tujuan tanggungan di hari tua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini