Telan Biaya Rp28 Triliun, MRT Rute Fatmawati-TMII Dibangun 2022

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 320 2339167 telan-biaya-rp28-triliun-mrt-rute-fatmawati-tmii-dibangun-2022-f8YwCT6goZ.jpg Proyek MRT Fatmawati-Taman Mini Dibangun 2022. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu bakal melakukan pembangunan jalur Fatmawati-Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pembangunan ini merupakan fase keempat dan direncanakan dimulai pada 2022.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, berdasarkan hasil pre feasibility study atau studi kelayakan bisnis awal, nantinya rute ini akan memiliki panjang 12 kilometer. Adapun estimasi dari biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan ini mencapai Rp25 hingga Rp28 triliun.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Operasional MRT Hanya Sampai Pukul 20.00 WIB

"Fatmawati-TMII berdasarkan preFS diperkirakan sekitar Rp25 - 28 triliun sepanjang 12 km," ujarnya dalam acara forum jurnalis MRT Jakarta secara virtual, Selasa (5/1/2020).

Menurut William, saat ini pihaknya sedang melakukan pencarian dana dari investor untuk pembangunan MRT Fatmawati-TMII. Disamping itu, ada juga dana obligasi pemerintah yang disiapkan.

Baca Juga: Lelang Proyek MRT Fase 2 Gagal Berkali-kali, Kenapa Ya?

"Dilanjutkan dana publik obligasi pemerintah yang akan kita siapkan karena pekerjaan ini sudah kita lakukan," ujarnya

Di samping itu, pihaknya juga bersama pemerintah dan stakeholder terkait akan melakukan studi kelayakan untuk merancang desain dan menetapkan trase. Sehingga pembangunannya bisa segera dilakukan.

Menurut William, alasan mengapa proyek MRT fase 4 ini perlu disegerakan adalah untuk menciptakan layanan transportasi yang terintegrasi di Kota Jakarta. Sehingga seluruh jalur perlu dikerjakan secara paralel agar bisa terlaksana sesegera mungkin.

"Kita harapkan konstruksinya tuntas tahun 2027 mendatang," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini