Jokowi Berkali-kali Minta Evaluasi Subsidi Pupuk yang Berlebihan

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 320 2342564 jokowi-berkali-kali-minta-evaluasi-subsidi-pupuk-yang-berlebihan-TyC3druXFN.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

 JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan hasil dari subsidi pupuk yang besar. Jokowi menyebut subsidi pupuk mencapai Rp33 triliun.

“Pupuk. Saya jadi ingat pupuk. Berapa puluh tahun kita subsidi pupuk? Setahun berapa subsidi pupuk? Rp33 triliun setiap. Returnnya apa? Kembaliannya apa? Apakah produksi melompat naik? Rp33 triliun. Saya tanya kembaliannya apa? 5 tahun berapa? 10 tahun berapa triliun? Kalau 10 tahun sudah Rp330 triliun,” katanya saat membuka rapat kerja nasional pembangunan pertanian di Istana Negara, Senin (11/1/2021).

 

Dia mengatakan bahwa angka itu besar sekali, sehingga menurutnya perlu ada evaluasi terkait hal ini. “Bapak dan ibu angka itu besar sekali. Artinya tolong ini dievaluasi ini ada yang salah. Saya sudah berkali-kali meminta ini,” ungkapnya.

Jokowi menekankan bahwa pertanian Indonesia harus dibangun dalam skala yang luas. Kemudian juga teknologi pertanian juga harus diterapkan.

Baca Selengkapnya: Jokowi Marah soal Subsidi Pupuk Rp33 Triliun, Hasilnya Apa?

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini