Tips Memulai Usaha Bisnis Laundry Sepatu, Perhatikan 8 Hal Ini

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 06:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 455 2342588 bisnis-cuci-sepatu-perhatikan-8-hal-ini-1pQ1M6ydUB.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTABisnis cuci sepatu menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Kesadaran akan kebersihan dan perawatan alas kaki membuat bisnis ini semakin populer di masyarakat.

Saat ini, usaha cuci sepatu belum banyak dijalani seperti usaha laundry baju. Selain itu, memulai usaha ini juga bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Meski begitu, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan ketika memutuskan untuk menggeluti usaha cuci sepatu ini.

Dilansir dari Business Alligators Jakarta, Selasa (12/1/2021), berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merintis usaha cuci atau laundry sepatu.

Baca Juga: Ciptakan Sumber Ekonomi Baru, Sentra Budidaya Perikanan Diperbanyak 

1. Tentukan Jenis Cuci Sepatu

Pertama, tentukan jenis cuci atau laundry sepatu yang ingin dilakukan dan jenis layanan apa yang ditawarkan kepada pelanggan. Melakukan hal ini akan membantu untuk menentukan mesin dan keperluan yang akan diperlukan dalam menjalankan bisnis.

Mulai dengan memikirkan satu segmen pada awalnya. Ketika bisnis sudah mulai berkembang dan maju, lakukan pengembangan pada layanan dan mesin yang ada saat ini.

2. Perkirakan Anggaran

Ada sejumlah anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis laundry sepatu. Beberapa di antaranya adalah anggaran untuk sewa tempat, kemudian membeli dan perawatan mesin serta perlengkapan laundry, gaji untuk karyawan, dan biaya untuk promosi atau pemasaran.

 

3. Buat Rencana Bisnis Cuci Sepatu

Sebelum terjun ke bisnis cuci sepatu, penting untuk memiliki rencana bisnis. Tuliskan seluruh proses yang akan dilakukan untuk membersihkan jenis sepatu yang ingin dilayani dan juga bagaimana rencana untuk memperluas layanan kepada pelanggan.

Kemudian buat rencana terkait bentuk promosi yang akan dilakukan. Hitung anggaran awal dan pendapatan yang diharapkan. Pastikan merencanakan semuanya secara detail.

4. Menemukan Target Pasar

Hal penting lainnya adalah menentukan target pasar yang tepat. Selain itu, pilih lokasi yang strategis. Misalnya, di kawasan ramai, pinggir jalan kota, sekitar tempat pangkas rambut, mall, dekat area perkantoran, sekolah, dan lainnya.

Yang juga penting adalah untuk meneliti bisnis di sekitar. Pastikan bahwa tidak ada bisnis setipe yang berdekatan, karena ini akan menimbulkan persaingan.

5. Siapkan Mesin dan Perlengkapan

Bisnis cuci sepatu tentu memerlukan beberapa perlengkapan. Mulai dari mesin khusus mencuci sepatu, mesin pengering, larutan pembersih yang berbagai macam, serta fasilitas pembersihan lainnya seperti sikat, spons, kuas dan lainnya.

6. Siapkan Karyawan (Jika Diperlukan)

Jika membutuhkan karyawan untuk menjalankan bisnis cuci sepatu, maka pilihlah yang mengetahui cara berinteraksi sopan dengan pelanggan. Beberapa karyawan yang dibutuhkan antara lain bagian mencuci sepatu, penerima pelanggan, dan pengantar sepatu.

7. Tentukan Harga

Penetapan harga harus dilakukan sebelum bisnis aktif dijalankan. Ingatlah untuk menetapkan harga berbeda untuk setiap jenis layanan khusus yang ditawarkan seperti penghilangan noda. Cari tahu juga harga pesaing dan jadikan acuan.

8. Lakukan Promosi

Terakhir, setiap usaha tentu membutuhkan promosi, tanpa terkecuali bagi bisnis cuci sepatu. Ada beberapa cara promosi yang dapat dilakukan. Mulai dari menggunakan brosur, sosial media, situs web, dan lainnya. Namun, perlu diingat untuk selalu menyesuaikannya dengan budget promosi yang telah ditentukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini