Bikin Usaha dari Duit BLT? Cek di Sini

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 455 2344380 bikin-usaha-dari-duit-blt-cek-di-sini-CU4woDcxJi.jpg Tips Memulai Bisnis (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan program bantuan sosial (Bansos) pada tahun 2021. Skema penyalurannya kini diubah ke dalam bentuk tunai.

Penerima bansos itu termasuk ke dalam Program Keluarga Harapan (PKH). PKH disalurkan setiap 3 bulan sekali, dalam 4 tahap, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2021 melalui Bank HIMBARA. Pada bulan Januari, PKH akan disalurkan dengan anggaran sebesar Rp7,17 triliun.

Baca Juga: 3 Usaha Modal Kecil dengan Untung Selangit

Saat Anda terdaftar sebagai penerima PKH, usaha apa yang cocok untuk Anda tekuni di tengah krisis ini? Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho bisnis yang dijalani harus sesuai dengan kondisi modal yang tersedia.

"Adapun bisnis yang bisa dijalankan tentunya disesuaikan dengan modal yang tersedia," kata Andy kepada Okezone, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga: 8 Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Dia mencontohkan salah satu kiat bisnis agar sukses adalah menjalaninya secara daring, karena kini situasinya masih pandemi dan ada pembatasan aktivitas sosial. Misalya menjual produk makanan-makan beku, fahion dan yang sesuai dengan hobi.

"Bisa itu berupa frozen food, snack, fashion kekinian, ataupun berbagai macam hal lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, sisihkan sekira 30% dari BLT untuk digunakan sebagai modal usaha.

"Bisa digunakan sebagai modal tambahan bila mereka hendak membuka suatu usaha. Adapun jumlah dana yang digunakan sebagai modal usaha jangan semuanya, tapi sebagai modal awal sekitar 30% dari BLT yang diterima," ujarnya.

Dia menambahkan, setelah dari modal itu sudah mulai berjalan usahannya dan mendapatkan keuntungan, maka uang yang disisihkan dari BLT bisa lebih besar lagi.

"Bila modal yang dikucurkan sudah mulai berputar dan memberikan hasil, maka dapat ditambahkan lagi sampai 50% dari BLT," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini