Sri Mulyani Masih Banyak PR Nih, Bereskan Masalah Kemiskinan di Desa

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 320 2345143 sri-mulyani-masih-banyak-pr-nih-bereskan-masalah-kemiskinan-di-desa-s2nGYyvQog.jpg Sri Mulyani (Foto: Setkab)

JAKARTA - Pemerintah memiliki pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan dalam menangani desa tertinggal di Indonesia. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, masih 10 ribu desa tertinggal di Indonesia

"Masih banyak pekerjaan rumah yang belum selesai seperti desa tertinggal dan desa yang sangat tertinggal harus ditingkatkan menjadi desa mandiri lebih dari 10 ribu desa tertinggal harus menjadi desa mandiri," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani: Separuh Penduduk Indonesia Tinggal di Pedesaan 

Dia menargetkan sebanyak 5.000 desa bakal menjadi mandiri. Kata dia, kemiskinan memang turun namun kemiskinan di tingkat desa masih tinggi dibandingkan perkotaan.

"Kemiskinan itu di desa di atas 10% kita mengharapkan kemiskinan bisa menurun menjadi 0%," katanya.

Dia mengatakan dana desa ditujukan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah di tingkat desa guna mendukung pembangunan dan pembinaan masyarakat.

"Dengan besarnya anggaran yang dikucurkan, kita mengharapkan hasil dalam bentuk yang nyata," katanya.

Sementara itu, Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan program Dana Desa (DD) yang dilakukan sejak 2015 hingga 2020 mampu membangkitkan ekonomi dan pemerataan desa di Tanah Air.

"Termasuk mampu menggeliatkan APBDes," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini