Jangan Salah Pilih, Ini 5 Rekomendasi Material Meja Dapur

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 470 2345024 jangan-salah-pilih-ini-5-rekomendasi-material-meja-dapur-4reKzCaGRl.jpg Dapur Rumah (Foto: Homedesigning)

JAKARTADapur bisa dibilang merupakan bagian tersibuk di dalam rumah karena di situlah segala aktivitas memasak dan menyiapkan makanan dilakukan. Oleh karena itu, sangat perlu untuk memastikan segala aspek yang ada di dalamnya dapat berfungsi dengan baik, salah satunya meja dapur.

Meja dapur adalah aspek yang cukup penting di dapur karena dia berfungsi sebagai tempat melakukan berbagai aktivitas, seperti mengiris, menyiapkan bumbu, dan sebagainya. Oleh sebab itu, penggunaan bahan/material meja dapur pun perlu diperhatikan dengan seksama.

Dilansir dari Home Design Lover, Jakarta, Jumat (15/1/2021), ketika ingin memilih bahan meja dapur, perlu melihat dari dua sisi, yaitu keunggulan dan kelemahannya. Hal itu berguna untuk menyesuaikan dengan aktivitas dalam dapur dan cara penggunaannya.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Dapur yang Cerah, Padukan Warna Pelangi

Berikut ini telah Okezone rangkum 5 bahan untuk meja dapur disertai keunggulan dan kelemahannya.

1. Granit

Granit adalah pilihan utama bagi sebagian besar pemilik rumah dan biasanya digunakan untuk dapur tradisional. Bahan ini akan menciptakan tampilan kelas atas karena variasi batunya. Untuk menjaga kecantikannya, noda seperti minyak dan asam harus dibersihkan dengan cepat. Itu juga harus diwarnai secara teratur setiap tahun.

Keuntungan : Lempengan bahan alami ini unik, masing-masing memiliki warna langka dan urat yang berbeda. Granit tahan panas dan tidak mudah tergores. Jika disegel dengan benar, hasil akhir yang dipoles dan matte dapat menahan sebagian besar noda.

Kerugian : Tepi dan sudut bisa pecah dan akan membutuhkan banyak biaya bagi seorang profesional untuk memperbaikinya. Penyegelan kembali secara berkala juga diperlukan untuk melindunginya dari noda.

 dapur

2. Kuarsa (Quartz)

Bahan kuarsa ini tahan noda, asam, goresan, panas, benturan dan tidak perlu disegel seperti meja batu alam. Muncul dalam berbagai warna dan pola. Kuarsa adalah kombinasi mineral, warna, dan resin. Penampilannya terlihat mirip dengan granit.

Keunggulan : Meski terlihat seperti batu alam, dia tidak membutuhkan perawatan an tidak perlu khawatir dengan panci panas, pisau bergerigi, bantalan abrasif, dan sebagian besar noda. Selain pola, seperti marmer dan granit, juga tersedia dalam berbagai warna cerah.

Kerugian : Tepi dan sudutnya bisa pecah seperti granit. Dianjurkan untuk menggunakan tepi bulat.

3. Meja Laminasi

Penggunaan bahan ini akan menikmati keindahannya, bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tetapi juga karena pola baru yang menyerupai batu alam, kayu atau bahkan kuarsa. Selain pola, tersedia juga berbagai pilihan warna trendi.

Keuntungan : Murah dan mudah dipasang. Noda dan panas tidak merusak laminasi.

Kerugian : Memotongnya secara langsung dapat menyebabkan kerusakan permanen.

4. Meja Kayu

Jika ingin mendapatkan tampilan dapur pondok di dalam rumah modern, meja kayu akan cocok untuk diterapkan. Selain sebagai dekoratif dan juga fungsional, ketika disegel dengan benar, meja kayu dapat digunakan untuk memotong daging.

Kayu sangat tahan panas sehingga pengguna tak perlu khawatir dengan hot pot dan wajan di permukaan. Sebagian besar pemilik rumah memilih untuk mencampur meja kayu dengan permukaan lain, seperti batu alam atau batu rekayasa. Meja kayu terlihat bagus dengan desain dapur kayu dan putih.

Keuntungan : Selain indah, ini juga membawa kehangatan pada ruangan. Ini juga benar-benar terasa hangat saat disentuh. Tepinya akan bertahan lebih lama dari granit atau beton. Itu juga dapat didaur ulang.

Kekurangan : Penyegelan yang benar diperlukan untuk menghindari kerusakan air dan untuk menghindari perkembangbiakan kuman karena permukaannya berpori. Perlu refinishing selama 10-20 tahun.

5. Meja Ubin

Meja ubin adalah pilihan yang bagus terutama jika menginginkan bahan murah dan mudah dirawat. Sangat mudah untuk mencampur dan mencocokkan gaya desain yang berbeda.

Selain itu, meja dapur ubin bisa menjadi proyek do-it-yourself yang berarti tidak perlu mempekerjakan seseorang untuk mengerjakannya. Ini juga bisa sempurna untuk backsplash dapur agar dapur lebih menarik.

Keunggulan : Selain bisa memadupadankannya dengan desain dan warna lain, meja ubin juga bisa memberikan tampilan yang elegan pada dapur. Mudah dibersihkan dan tahan panas. Saat rusak, juga mudah diganti.

Kekurangan : Penggunaan ubin akan menghasilkan permukaan yang tidak rata dan rentan retak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini