Pesawat Sriwijaya Air Jatuh dan Fakta Hak-Hak Korban Dipenuhi

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 320 2345508 jatuh-pesawat-sriwijaya-air-dan-fakta-hak-hak-korban-dipenuhi-hEqVirteD9.jpg Hak Korban Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air Diprioritaskan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pelayanan terhadap keluarga korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air diberikan dengan sebaik-baiknya.

Hal tersebut diungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) saat memberikan laporan penanganan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air kepada Presiden.

“Bapak presiden meminta saya untuk mengkoordinasikan proses layanan kepada keluarga korban dengan sebaik-baiknya,” katanya di Kantor Presiden.

Berikut fakta jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dan kewajiban hak korban diprioritaskan yang telah dirangkum Okezone, Minggu (17/1/2021):

1. Korban Sriwijaya Air Didampingi

Menhub Budi mengatakan, Presiden meminta memberikan pendampingan dalam proses pemberian hak-hak (santunan) bagi keluarga korban. Sehingga prosesnya bisa berjalan baik dan cepat.

“Dan juga memberikan pendampingan diperolehnya hak-hak daripada keluarga korban. Sehingga segala sesuatu yang merupakan hak diselesaikan dengan baik dan cepat,” ungkapnya.

2. Menhub Temui Jasa Rahaja

Terkait hal tersebut Budi telah menyampaikan bahwa telah bertemu pihak Sriwijaya Air dan Jasa Raharja.

“Untuk itu kami sampaikan juga ke pak presiden, kami sudah memanggil dan bersama-sama dengan Sriwijaya Air dan juga Jasa Raharja kemarin ketemu dengan keluarga. Dan tadi bersama-sama kami menuju ke RS Kramat Jati,” pungkasnya.

3. Jasa Rahaja Bayarkan Hak Korban Sriwijaya Air

Jasa Raharja sudah membayarkan hak untuk empat korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang teridentifikasi. Hak santunannya pun langsung diberikan kepada ahli waris.

Perseroan segera bergerak setelah Tim DVI Mabes Polri kembali mengumumkan telah berhasil melakukan identifikasi kepada tiga penumpang yang menjadi korban kecelakaan jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yaitu, Fadli Satrianto (Jawa Timur), Khasanah (Kalimantan Barat), dan Asy Habul Yamin (Kalimantan Barat).

4. Pendataan Korban

Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo S menyampaikan bahwa atas nama Dewan Komisaris, Direksi, dan keluarga besar PT Jasa Raharja turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban.

"Menindaklanjuti hal tersebut Jasa Raharja melakukan langkah pendataan dan kunjungan kepada keluarga korban untuk memperoleh informasi siapa ahli waris korban sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Budi, di Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini