Proyek Sering Mangkrak, Ini Usulan Menhub ke Sri Mulyani soal Pembebasan Tanah

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 470 2347667 proyek-sering-mangkrak-ini-usulan-menhub-ke-sri-mulyani-soal-pembebasan-tanah-7kCIzuP7Uu.jpg Menhub (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan proyek pengerjaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara ada yang terkendala oleh masalah pembebasan tanah.

Menurutnya, pada Tahun 2019-2020, Kemenhub mendapatkan suatu proyek SBSN yang tidak begitu meningkat. Hal ini lebih banyak karena masalah tanah.

"Jadi masalah tanah yang sebelumnya dijanjikan oleh Pemda tapi tidak dilakukan sehingga kami bersama-sama LMAN membebaskan tanah," ujar dia dalam acara Kebijakan Pembiayaan Proyek Infrastruktur melalui SBSN Tahun 2021 secara virtual, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: Proyek Apa yang Dibangun Menhub dari Surat Utang Syariah Rp5,67 Triliun? 

Maka itu, kata Budi, memberikan usul kepada Menteri Sri Mulyani agar proses pembebasan tanah sebaiknya didahulukan satu tahun sebelum pemberian dana SBSN.

Kemudian, lanjut dia, walaupun belum dapat SBSN. Pihaknya mengusulkan pembebasan lahan terlebih dahulu. Lalu baru satu tahun kemudian diambil SBSN.

"Apabila tidak kejar-kejaran tanahnya belum selesai. Di mana kemarin itu kami tidak bisa menyelesaikan karena tanahnya belum selesai," ungkap dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini