Share

Wakaf Tunai Capai Rp328 Miliar Sepanjang 2020

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 320 2350221 wakaf-tunai-capai-rp328-miliar-sepanjang-2020-AcNFiCUr2p.png Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com/Youtube)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan total dana wakaf tunai yang terkumpul mencapai Rp328 miliar per Desember 2020. Dana tersebut sudah dititipkan di perbankan.

"Sampai tanggal 20 desember 2020 total wakaf tunai terkumpul melalui dan dititipkan bank sebesar Rp328 miliar, sedangkan proyek BIS wakaf capai Rp597 miliar," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Bicara Dana Sosial Syariah hingga Wakaf, Sri Mulyani: Masjid Dibangun

Kata dia, upaya ini sejalan dengan pemerintah yang terus meningkatkan instrumen pembiayaan berbasis syariah. Lantaran instrumen pembiayaan berbasis syariah makin meningkat dan diminati masyarakat Indonesia maupun dunia.

Untuk itu, pemerintah melakukan lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara. Apa yang dilakukan ini untuk membiayai proyek pembangunan Indonesia.

"Kami juga terus tingkatkan SBSN yang dihubungkan dengan project di mana tahun ini lebih Rp27 triliun proyek yang didanai melalui SBSN," katanya.

Baca Juga: Jadi Ketua MES, Erick Thohir Diharapkan Gerak Cepat Kembangkan Ekonomi Syariah

Dia menambahkan, akan memperkuat literasi keuangan ekonomi syariah. Nantinya, berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta keyakinanan masyarakat akan ekonomi syariah.

"Jadi brand syariah ini dapat digunakan seluruh kementerian dan lembaga dan para stakeholder yang bergerak di bidang ekonomi syariah pada setiap produk program kegiatan maupun kampanye yang dilakukan," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini