Tol Kayu Agung-Palembang Buka Peluang Bisnis, dari Pariwisata hingga Perkebunan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 455 2351013 tol-kayu-agung-palembang-buka-peluang-bisnis-dari-pariwisata-hingga-perkebunan-O0ue5ZKdOr.jpg Tol (Foto: Dok Jasa Marga)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitip pesan kepada Pemerintah Daerah Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menghubungkan ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dengan sentra ekonomi, pariwisata hingga pertanian.

Baca Juga: Tol Kayu Agung-Palembang Diresmikan, Jokowi: Bakauheni-Palembang Cuma 3 Jam 

Terkoneksinya infrastruktur dengan berbagai sentra produktif tersebut diharapkan dapat meningkatkan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

"Saya titip kepada gubernur, kepada bupati, wali kota agar jalan tol ini disambungkan pada sentra ekonomi, sentra pariwisata, kawasan industri, sentra pertanian, sentra perkebunan. Sambungkan. Berikan akses penghubung ke sana. Manfaat ekonominya akan bisa maksimal," kata Jokowi saat meresmikan tol sebagaimana dilihat dalam YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga: Tol Kayu Agung-Palembang 42,5 Km Resmi Beroperasi, Jokowi: Ini Lompatan Besar 

Jokowi berujar, koneksi infrastruktur dengan sentra produktif merupakan bentuk pemerataan pembangunan, khususnya untuk membuka lapangan kerja di daerah sebanyak-banyaknya. Dampak dari upaya itu adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain, Kepala Negara ingin Pemerintah Daerah Sumatera Selatan lebih agresif mempromosikan potensi yang ada di sekitaran ruas tol tersebut kepada para penanam modal. Diharapkan investasi akan meningkat di sana.

"Terakhir saya minta kepada pemda, baik provinsi, kabupaten, kota untuk lebih agresif menawarkan potensi yang ada di daerahnya dan menjadikan infrastruktur sebagai sebuah keunggulan, meningkatkan daya tarik dan daya tawar kepada para investor agar mengembangkan investasi di provinsi Sumatra Selatan," jelas Jokowi

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Ruas Kayuagung-Palembang (Kramasan). Infrastruktur ini disebut bisa menghemat waktu tempuh hingga 75 persen.

Jokowi menuturkan, infrastruktur yang baru saja diresmikan menjadi poros penting dari Jalan Tol Trans Sumatera. Ruas terakhir ini menghubungkan Pelabuhan Bakauheni yang berada di Provinsi Lampung hingga tembus ke Palembang, Sumatera Selatan.

"Dengan selesai dan beroperasinya jalan tol ini, jarak tempuh dari Bakauheni ke Palembang yang berjarak 373 KM yang biasanya ditempuh, ini saya mendengar, biasanya ditempuh 12 jam perjalanan darat, sekarang hanya perlu waktu 3-3,5 jam.Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75%," ucap Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini