Himbara Segera Cairkan KUR Rp200 Triliun

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 320 2352011 himbara-segera-cairkan-kur-rp200-triliun-22GyRJNbzW.jpg Himbara Diminta Segera Cairkan KUR 2021. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) diminta terus menggenjot pencairan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ekspansi kredit dapat dilakukan di kuartal 1-2021.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menilai, tahun ini akan menjadi momentum pemulihan ekonomi nasional (recovery ekonomi). Momentum itu akan diikuti oleh permintaan kredit.

Baca Juga: Himbara Salurkan KUR hingga Rp188,11 Triliun Sepanjang 2020

"Himpunan Bank Negara di kuartal I-2021 ini kami minta untuk mendorong pencairan dan ekspansi kredit UMKM, khususnya KUR dengan alokasi Rp200 triliun di seluruh Himbara. Kami ingin alokasi tersebut di kuartal I sudah mulai dicairkan," ujar Tiko Rabu (27/1/2021).

Kementerian BUMN menilai tahun ini akan menjadi tahun restart ekonomi nasional karena masifnya program vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Dengan vaksinasi bagi masyarakat akan menjadi fase penting bagi perbankan.

Baca Juga: KUR Sektor Kelautan dan Perikanan Tembus Rp5,2 Triliun di 2020

Dalam konteks itu, sektor UMKM akan menjadi sektor yang bangkit lebih awal. Bahkan, setelah UMKM menggeliat dan aktivitas perkotaan mulai menata kembali, segmen konsumer baru akan meningkat.

"Kita lihat para pengusaha lebih wait and see, sampai dari sisi permintaan di perkotaan dari kelas menengah atas mulai bangkit. Baru di akhir 2021 ini, akan mulai tumbuh permintaan kredit dari segmen korporasi untuk modal kerja atau investasi baru," katanya.

Untuk ekonomi di kawasan pedesaan, khususnya yang didorong oleh sektor agrikultur, dinilai tidak terdampak signifikan dari pandemi. Dengan begitu, Tiko meminta Himbara dapat lebih ekspansif mendorong pertumbuhan kredit di daerah rural dan sektor agrikultur yang diharapkan dapat menjadi katalis pemulihan ekonomi 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini