Sandiaga Optimis Indonesia Jadi Destinasi Wisata Pilihan di Asean

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 320 2352612 sandiaga-optimis-indonesia-jadi-destinasi-wisata-pilihan-di-asean-ObFeDSPg5M.jpg Menpar Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pihaknya optimis dalam kurun waktu 10 tahun ke depan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan melonjak signifikan dari posisi saat ini.

Bahkan, kata Sandi, Kemenparekraf mencanangkan daerah wisata Indonesia dapat menjadi destinasi wisata pilihan di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga: Orang RI Habiskan Rp150 Triliun untuk Liburan ke Luar Negeri

"Jadi saya optimis, dalam 10 tahun ke depan kita dapat mencapai keunggulan destinasi domestik. Di mana kita punya banyak peluang dan kita lihat ekosistem ini mesti dibangun. Dan kita canangkan destinasi wisata kita bisa menjadi destinasi pilihan Asia Tenggara," ujar dia dalam webinar, Kamis (28/1/2021).

Dia menjelaskan, dalam kondisi pandemi saat ini, wisatawan domestik mampu menjadi jawaban pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya, ada sebanyak 55 juta wisatawan domestik, di mana hal ini memiliki potensi yang luar biasa.

Baca Juga: Imbas Covid-19, Sandiaga Uno: Industri Parekraf Harus Diberikan Obat

"Kita tahu ada Rp150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahunnya karena banyak wisatawan domestik asyik liburan di luar negeri. Maka itu kita manfaatkan, setidaknya kita mampu mendapat Rp50 triliun dari potensi wisatawan domestik ini," ungkap dia.

Akan tetapi, semua potensi tersebut tentunya harus dibarengi dengan cara pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 secara cepat. Kemudian, kata dia pandemi mampu diatasi dengan cepat, lapangan pekerjaan di sektor pariwisata akan terbuka lebar.

"Pandemi ini, ibarat sebuah badai yang harus dihadapi. Dan saya yakin, setelah badai pandemi Covid-19 selesai, akan banyak peluang yang terbuka," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini