4 Tips Aman Gadaikan Barang untuk Modal Usaha

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 622 2352288 4-tips-aman-gadaikan-barang-untuk-modal-usaha-idSrYoUs3M.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Mendapatkan modal usaha bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui penggadaian barang. Menggadaikan barang memungkinkan mendapatkan pinjaman dalam waktu cepat dengan jaminan barang yang bisa ditebus kembali kelak sebelum jatuh tempo.

Beberapa barang yang bisa digadaikan antara lain emas batangan, perhiasan, barang elektronik atau gadget seperti laptop, handphone, dan lain sebagainya. Namun menggadaikan barang merupakan salah satu cara yang berisiko.

Baca Juga: Contoh Usaha Model Kecil Untung Besar

Untuk mencegah segala risiko yang terjadi, berikut tips menggadaikan barang, dikutip dari buku Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta karya A. Primasetra, Kamis (28/1/2021).

1. Barang yang digadaikan adalah barang yang bernilai tinggi. Seperti emas, berlian, mutiara, dan lainnya. Jangan menggadaikan mobil atau sepeda motor karena barang tersebut akan dibutuhkan untuk operasional bisnis. Jangan juga menggadaikan alat elektronik karena nilainya rendah.

 

2. Bawa barang yang akan digadaikan ke loket penaksir. Petugas loket akan memberitahu nilai gadang barang tersebut. Nilai gadai merupakan nilai yang menggambarkan batas jumlah uang yang bisa dipinjam dengan menggunakan barang yang bersangkutan. Bila setuju dengan nilai gadai yang ditawarkan, langsung pergi ke loket kredit dan mendapatkan uang tunai yang bisa dipinjam sesuai dengan nilai gadai tadi.

3. Bayar beban bunga setiap 15 hari sekali. Beban tersebut bervariasi tergantung pada nilai pinjaman. Untuk pinjaman Rp5.000 - Rp40.000 dikenakan bunga 1,25%. Untuk pinjaman Rp40.100 - Rp150.000 dikenakan bunga 1,5%. Sedangkan pinjaman di atas Rp150.000 dikenakan bunga 1,75%.

4. Satu hal yang harus diingat. Kalau tidak mampu untuk menebusnya, barang akan dilelang oleh pegadaian. Pastinya pihak pegadaian akan memberikan informasi terlebih dahulu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini