Bisnis Sambil Urus Anak, Ini 5 Ide Jualannya

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 05:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 455 2353509 bisnis-sambil-urus-anak-ini-5-ide-jualannya-z9LjcUzBqT.jpg Ide Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga. (Foto: Okezone.com/Telegraph)

JAKARTA – Sebagian banyak ibu rumah tanggan enggan berbisnis dengan alasan tak memiliki waktu karena harus mengurus anak. Padahal merintis bisnis sekaligus mengurus anak bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.

Ada banyak sekali ide bisnis yang bersifat fleksibel. Seorang ibu rumah tangga juga bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk berkontribusi dalam pendapatan keluarga dengan menjalankan bisnis yang disukai.

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Minggu (31/1/2021), berikut ini beberapa ide bisnis skala rumahan yang bermodal kecil tetapi berpotensi menghasilkan keuntungan maksimal, dan cocok bagi para ibu rumah tangga.

1. Layanan Hewan Peliharaa

Ide bisnis yang pertama adalah membuka layanan pada hewan peliharaan. Ada banyak kebutuhan yang besar untuk produk dan layanan terkait hewan peliharaan, termasuk penitipan hewan peliharaan, perawatan hewan peliharaan, dan layanan terkait hewan peliharaan lainnya.

Baca Juga: Omzet Industri Pakaian Anjlok hingga 50%, Merana Gegara Corona

2. Jual Makanan atau Kue Buatan Rumah

Suka memasak? Atau memiliki keterampilan dalam membuat kue? Mengapa tidak mengubahnya menjadi peluang bisnis. Mulailah dengan menawarkan kepada kerabat terdekat. Pertimbangkan juga untuk memulai blog makanan dengan membagikan resep dan cara membuatnya.

3. Tutor / Instruktur

Saat ini, ada banyak orang yang membutuhkan layanan les di rumah. Jika memiliki kemampuan mengajar, pertimbangkan bisnis ini. Poin plusnya, bisnis ini bisa dijalankan secara fleksibel, sehingga cocok untuk ibu rumah tangga.

Baca Juga: Persaingan Bisnis Kopi di Tengah Pandemi Covid-19

4. Seni dan kerajina

Jika memiliki ketertarikan pada barang artistik, ada banyak peluang untuk menghasilkan uang dari rumah. Seni dan kerajinan mencakup perhiasan, keranjang hadiah, lukisan, dan lainnya, bisa dikirimkan ke pameran kerajinan, atau bahkan dijual secara online.

5. Penulis Freelance

Ada banyak situs web dan majalah online yangmembutuhkan konten, dan bersedia membayar untuk mendapatkannya. Ini bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan bagi ibu rumah tangga. Beberapa opsi antara lain menjadi copywriting, penulis artikel, resume, dan banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini