Ingin Kaya Raya? Kerja Keras hingga Berbagi Solusinya

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 622 2353881 ingin-kaya-raya-kerja-keras-hingga-berbagi-solusinya-TbewMZk7mz.jpg Kerja (Reuters)

JAKARTA - Terlalu banyak orang yang berambisi untuk menjadi kaya raya. Hal ini tidak salah, apalagi memang banyak hal dalam hidup yang menjadi lebih mudah dibantu dengan adanya uang.

Namun, saat mulai tertekan dengan keadaan dan ingin rasanya cepat kaya, disitulah banyak bahaya yang akan mengancam. Kuncinya teruslah meningkatkan kualitas diri dan kinerja, maka kekayaan akan datang dengan sendirinya.

 Baca juga: Pengertian Utang Beserta Jenis-jenisnya

“Menjadi kaya itu mudah. Namun, menjadi tetap kaya adalah cerita yang berbeda. Orang terkaya di dunia bukanlah dia yang memiliki kekayaan bersih terbesar. Namun, dia yang mampu merasa cukup, bermanfaat, dan senantiasa bersyukur,” ujar Prita Ghozie dalam postingan Instagramnya, Minggu (31/1/2021).

Mengutip dari Instagram Prita Ghozie, ada lima cara jadi kaya yang dirinya dapatkan sepanjang hidup.

 Baca juga: 4 Tips Mengelola Uang Bagi Pebisnis, Jadikan Hemat Kebiasaan

1. Kerja, Kerja, Kerja

Kerja cerdas jangan hanya kerja keras. Kerja keras tanpa strategi hanya mengeluarkan tenaga, tidak menambah keahlian. Namun saat bisa mendapat kesempatan terus meningkatkan skills dalam hal apa pun yang dikerjakan, secata tidak langsung penghasilan pun akan bertambah.

2. Menambah Penghasilan

Selagi ada kesempatan, tidak ada salahnya untuk mengasah skills sehingga bisa membuka peluang pekerjaan sampingan baru. Seperti merambah side-hustle yang tidak bertentangan dengan main job. Kemudian menciptakan aset dengan intellectual property rights, misalnya menulis buku, menjadi youtuber, dan lain-lain. Pastikan semua side job menghasilkan cuan.

3. Mengatur Keuangan

Jika sudah melakukan kerja cerdas, mendapat gaji besar, dan bisnis pun maju, hal selanjutnya yang dilakukan adalah mengatur keuangan. Mengatur keuangan merupakan hal yang wajib dilakukan sebab jika tidak, harta akan habis begitu saja. Harus selalu diingat, di dalam penghasilan yang didapat ada hak untuk masa kini yang sedang dijalani, masa sulit seperti pandemi saat ini, dan masa depan yang tidak terprediksi.

4. Menumbuhkan Aset

Untuk masa depan yang terjamin, aset dan penghasilan yang didapat perlu bertumbuh. Caranya dengan berinvestasi di aset keuangan. Serta menambah aset produktif. Namun jika ingin berinvestasi harus tahu betul tentang trading saham dan lainnya. Jangan sampai terjerat investasi bodong.

5. Berbagi

Pasti sering dengar orang yang paling bukan berdasarkan nominal saldo yang dipunya. Namun lebih dari itu, orang yang paling kaya ialah yang mampu membuat kekayaan yang dimilikinya bermanfaat untuk orang lain. Entah keluarga, lingkungan, negara, dan agamanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini