5 Ide Bisnis Rumahan Berbasis Online, Cocok Dilakukan saat Pandemi

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 455 2354455 5-ide-bisnis-rumahan-berbasis-online-cocok-dilakukan-saat-pandemi-2wo2XNdfd1.jpg 5 Ide Bisnis Rumahan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Membuka bisnis tanpa harus keluar rumah nampaknya masih relevan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga mereda. Selain bisa terhindar dari Covid-19, bisnis rumahan bisa dijalankan dengan mudah.

Bisnis rumahan bisa berhasil bila melakukannya sesuai dengan minat dan keterampilan khusus yang dimiliki. Kemudian, usaha tersebut pun bisa dikembangkan menjadi sangat luas dan besar.

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Senin (1/2/2021), menjalankan bisnis dari rumah juga merupakan pilihan praktis selama pandemi karena membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak dan dapat menghasilkan uang sambil mempraktikkan jarak sosial.

Baca Juga: 3 Rencana Penting yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis

Berikut ini telah Okezone rangkum 5 rekomendasi bisnis rumahan yang bisa dilakukan oleh setiap orang.

1. Desainer Web

Saat ini, sebagian besar bisnis membutuhkan situs web, dan banyak yang menyewa desainer untuk membuatnya. Jika memiliki coretan artistik, pemahaman tentang warna, dan pengetahuan yang baik tentang alat desain situs web, bisnis desain situs web mungkin merupakan pilihan yang baik.

Biaya awal memulai bisnis ini rendah dan dapat bekerja di manapun ketika memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi. Desain situs web adalah industri yang sangat kompetitif sehingga harus menemukan cara untuk menonjolkannya.

2. Guru Privat

Les privat adalah ide bisnis rumahan yang bagus untuk siapa saja yang suka mengajar dan membantu orang belajar. Bisnis ini dapat menawarkan layanan pengajaran secara langsung atau dari jarak jauh melalui komputer.

Meskipun tidak memerlukan sertifikat mengajar untuk menjadi tutor, pengetahuan yang luas setidaknya di satu bidang tertentu perlu dimiliki. Penyampaikan pengetahuan kepada murid dengan cara yang bisa dipahami orang lain juga perlu dikuasai dengan baik.

3. Desainer Grafis

Jika memiliki keterampilan untuk membuat selebaran, brosur, kop surat, dan logo yang tampak profesional, pertimbangkan untuk memulai bisnis desain grafis rumahan . Banyak bisnis membutuhkan seni grafis, tetapi tidak memiliki staf untuk memproduksinya.

Desain grafis adalah kategori yang luas. Nilai keterampilan sangat penting dan putuskan produk apa yang ingin dihasilkan. Identifikasi pasar sasaran dan pelajari pesaing-pesaing bisnis ini. Desain grafis sangat kompetitif sehingga harus berspesialisasi untuk menjadikan bisnis yang unik.

Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan. Jangan biarkan gugatan pelanggaran membuat bisnis menjadi bangkrut. Hubungi pengacara untuk memastikan pemahaman mengenai undang-undang tentang merek dagang dan hak cipta.


4. Konsultan Pemasaran Digital

Banyak bisnis mencari cara untuk terhubung dengan pelanggan secara online. Jika memiliki keahlian dalam hal-ha,l seperti pemasaran konten, media sosial, dan pengoptimalan mesin telusur (SEO), bisnis pemasaran digital bisa mulai dijalankan.

Pemasaran digital adalah kategori yang cukup luas sehingga harus menetapkan area fokus. Cobalah untuk menemukan ceruk pemasaran yang sesuai dengan keterampilan dan minat diri, lalu promosikan bisnis tersebut melalui membangun jaringan.

5. Asisten Virtual

Kalau memiliki pengalaman menjalankan fungsi administratif untuk pemilik atau manajer bisnis, bisnis asisten virtual mungkin cocok dijalankan. Asisten virtual menawarkan berbagai layanan melalui komputer, seperti penjadwalan, email, pencatatan, dan dukungan pelanggan.

Mereka dapat membantu bisnis kecil meningkatkan produktivitas mereka dengan melakukan tugas-tugas yang memakan waktu, menerapkan proses baru, dan menangkap serta mengatur data.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini