Share

Stok Melimpah, Pelaku Usaha Kuliner Didorong Beli Gula Lokal

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 320 2355168 stok-melimpah-pelaku-usaha-kuliner-didorong-beli-gula-lokal-0AZr8p3rpW.jpg Gula (Foto: Okezone)

MALANG - Stok gula yang melimpah di pabrik - pabrik gula menuai perhatian dari pelaku usaha kafe dan restoran. Stok gula ini tersimpan di dua pabrik gula terbesar di Malang yakni PG Kebonagung dan PG Krebet Bululawang, hingga mencapai 65 ribu ton.

Melimpahnya stok gula di Malang disebut karena masuknya gula impor ke Malang. Hal ini yang menyebabkan para pengepul lebih memilih membeli gula impor dengan harga yang murah, namun sebanding dengan kualitas gula lokal.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Menperin Ramal Industri Tumbuh 4%

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada perbedaan selisih gula yang cukup jauh antara gula lokal dengan gula impor di Malang raya. Di gula impor misalnya harga di ranah pengepul dihargai Rp 7.000 per kilogramnya, namun untuk gula lokal mencapai Rp 10.800 per kilogramnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Kota Malang Indra Setiyadi menyatakan, pihaknya sebenarnya telah menggerakkan anggota untuk melakukan pembelian gula - gula lokal produksi pabrik di Malang. Hal itu merupakan responsnya karena ia merasa penyerapan gula lokal menurun dengan adanya kebijakan impor gula.

Baca Juga: Sektor Industri hingga Perumahan Bakal Pulih Lebih Cepat, Ini Penjelasannya

“Rencananya dalam waktu dekat Apkrindo bersama dengan PHRI dan juga APPBI akan melakukan pertemuan, dan membahas salah satunya adalah bagaimana cara untuk dapat membantu penyerapan gula lokal. Untuk saat ini kami hanya bisa memberikan dorongan anggota kami untuk menggunakan gula lokal,” ungkapnya Indra saat dikonfirmasi okezone.com, pada Selasa (2/2/2021).

Indra menambahkan, dengan penyerapan gula - gula lokal di Malang raya ini juga disebut bisa membantu pada petani tebu di tengah gempuran gula impor yang mulai masuk Malang.

(kmj)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini