Menkop Teten Bicara soal Bisnis Online

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2021 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 455 2361516 menkop-teten-bicara-soal-bisnis-online-SFofRVhBOh.jpg Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto: Okezone.com/Kemenkop)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menyebut pola konsumsi masyarakat saat ini sudah bergeser. Di mana orang lebih senang belanja online ketimbang tatap muka atau secara langsung.

Menurut dia, peluang ini yang harus diseuaikan pada bisnis para pelaku UMKM. Artinya UMKM diarahkan menuju perdagangan digital.

Baca Juga: Jelang Valentine, Bisnis Buket Bunga dan Cokelat Cuan Puluhan Juta

"Jadi kita perlu kita dorong digitalisasi UMKM kita, memang yang tumbuh adalah bisnis online. Saya kira ke depan bisnis digitalisasi akan tetap relevan," ujar dia dalam webinar secara virtual, Sabtu (13/2/2021).

Dia juga memprediksi, hingga tahun 2025 potensi ekonomi digital mencapai triliunan. Maka itu, lanjut dia, jangan sampai ekonomi digital justru dikuasi oleh produk-produk asing.

"Di tengah pandemi ini harus melakukan adapatsi dengan market baru yakni mendorong digitalisais satu hal penting," tandas dia.

Baca Juga: Takut Rugi, Pedagang Enggak Jual Pernak-pernik Imlek

Sebelumnya kebangkitan UMKM dan koperasi merupakan kunci pemulihan ekonomi, khususnya kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja atas tantangan potensi meningkatnya angka jumlah pengangguran.

"Sepanjang 2020, pemerintah melakukan intervensi kebijakan baik dari sisi hulu (supply) dan hilir (demand), dalam rangka percepatan pemulihan UMKM dan koperasi dari dampak pandemi," kata Teten.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini